Tips Mudah Memasang Reklame Di Taman

//

Promosi merupakan salah satu aktivitas yang tidak terpisahkan dalam bisnis. Sehingga kegiatan promosi akan terus ada selama bisnis masih ada dimuka bumi ini. Hanya cara dan tekniknya saja yang berbeda beda. Dulu orang mengandalkan baliho, saat ini baliho mulai ditinggalkan dan beralih ke iklan digital misalnya.

Jika kita pelajari lebih lanjut, aktivitas utama bisnis terdiri dari 4 pillah, yaitu marketing, produksi, finance, human resources. Aktivitas marketing sendiri masih bisa dibagi menjadi banyak hal di hari ini, mulai dari sales, marketing offline, marketing online hingga public relation. Tidak menutup kemungkinan terjadi perkembangan lebih lanjut di kemudian hari.

Taman Sebagai Area Promosi

Jika kita tengok kembali customer journey setiap bisnis, akan berbeda-beda. Ada yang menjadikan proses transaksi bisnis full online, ada yang masih konvensional ada yang hybrid. Untuk perusahaan yang masih memiliki channel penjualan offline, menjadikan taman sebagai salah satu tempat untuk marketing mengapa tidak?

Materi reklame di taman dekat pantai, unsplash designclass
Materi reklame di taman dekat pantai, unsplash designclass

Tim marketing yang bagus bisa membuat konsep materi promo dari tempat parkir hingga saat akan keluar lokasi usaha kita. Tentu dengan memperhatikan kaidah promosi yang menarik, tidak norak dan terkesan hard selling semua. Taman yang sudah ditata cantik oleh jasa taman pilihan Anda bisa menjadi salah satu spot promo menarik.

Tips Memasang Materi Reklame di Taman

Tidak ingin iklan yang dibuat dengan biaya tinggi berakhir tanpa efek positif bukan? Berikut ini tips saat memasang reklame di taman.

1. Perhatikan Ukuran

Berapa ukuran yang tepat untuk materi reklame di taman? Jawabnya ikut apa kata John Mueller dari google, it depends alias tergantung. Tergantung apa maksudnya? Tergantung dari ukuran taman, serta jarak antara target dengan materi reklame.

Jika kita memiliki taman kecil dan ingin orang yang melintas melihat materi reklame kita, ukuran reklame kecil akan cocok. Namun jika tamannya luas dan pengunjung akan melihat dari jarak 10 meter, ukuran besar tentu yang lebih cocok. Kenali medan, test dengan replika jika perlu sebelum produksi.

2. Kombinasikan Dengan Lampu

Penggunaan lampu untuk reklame yang ada di taman perlu manakala kita ingin materi reklame dilihat dimalam hari. Hal ini terlihat dalam kasus pemasangan reklame untuk cafe yang buka hingga malam. Bahan reklame dari neon box, neon sign atau akrilik yang dikombi dengna lampu akan menjadi pilihan tepat.

Reklame dari neon sign yang menyala di malam, unsplash yadratorex
Reklame dari neon sign yang menyala di malam, unsplash yadratorex

3. Kesesuaian Dengan Brand Usaha

Ingat brand ingat pak Subiakto, maestro branding Indonesia itu selalu terkenang dalam benak kita. Beliau mengatakan, “brand bukan logo, brand buka nama, brand adalah nama + makna”. Secara sederhana juga bisa dikatakan kita ingin dikenal sebagai apa.

Jika Anda pemilik resto dengan konsep jawa, pertimbangkan ulang jika membuat materi reklame di taman dengan konsep otomotif. Selaraskan dengan DNA brand perusahaan Anda agar customer journey lebih terasa mengasyikkan.

4. Sesuaikan Dengan Keyakinan

Bagian ini yang jarang disentuh oleh coach bisnis dalam mengembangkan usaha kita. Masing-masing dari kita punya keyakinan sendiri-sendiri. Jika Anda seorang muslim, memasang materi reklame yang terbuka auratnya tentu akan menjadi masalah di akhirat kelak. Bisa jadi agama lain punya konsep keyakinan sendiri soal reklame, kita perlu hati-hati dengan hal tersebut.

5. Jangan Merusak Tanaman

Apakah maksudnya tidak boleh membuat lubang di rumput kemudian didirikan tiang? Tentu maksudnya bukan itu. Yang kami maksud adalah apa yang sering terjadi di pinggir jalan, dimana materi reklame dipaku di pohon. Itu perbuatan yang merusak tanaman.

Anda bisa mendirikan tiang sendiri, memasang di gazebo, atau menggantung materi reklame pada pohon yang ditali. Ada banyak solusi sehingga kita bisa tetap memasang reklame di taman tanpa merusak tanaman. Value menjaga tanaman bisa menjadi materi kampanye yang baik untuk usaha Anda.

6. Perhatikan Budget dan Result

Setiap aktivitas marketing harus punya tujuan. Lakukan pengukuran sehingga terasa dampaknya dan bisa dilakukan evaluasi. Misal saat kita memasang materi promo diskon makanan di taman, catat biaya dan kenaikan omset sehingga bisa jadi pelajaran kedepan. Selalu ada ruang untuk melakukan perbaikan.

Ilustrasi sosial media untuk menyebarkan hasil reklame, unsplash jeremy0
Ilustrasi sosial media untuk menyebarkan hasil reklame, unsplash jeremy0

7. Kuatkan Dengan Sosial Media

Banyak usaha yang sudah memiliki tim pengelola instagram dengan baik. Setelah materi reklame di taman jadi, coba pasang di story atau feed ig perusahaan. View secara digital harapannya bisa mendorong follower untuk datang langsung dan bertransaksi.

Apakah harus via instagram? Gunakan channel lain semaksimal mungkin, seperti youtube, tiktok, fanpage hingga twitter. Distribusi konten adalah hal yang penting dalam aktivitas marketing.

Tertarik Buat Reklame?

Kami dari Adverta ID siap membantu Anda membuat, memasang reklame di taman. Cocok untuk Anda pemilik usaha restoran, hotel, kampus, cafe, pabrik dan yang lainnya. Proses untuk memesan reklame cukup mudah, silahkan kunjungi halaman ini untuk detailnya. Ada bagian cara order yang bisa membantu Anda.

Terimakasih sudah berkenan menyimak hingga akhir. Jika ada yang ingin didiskusikan seputar pemasangan reklame di taman, silahkan menggunakan kolom komentar atau hubungi kami langsung via platform chat yang tersedia.

Leave a Comment