Seragam Menunjang Program Branding

//

Segala cara akan dilakukan untuk mencapai kemajuan sebuah usaha. Tanda sebuah perusahaan masih mengalami kehidupan adalah dengan adanya inovasi usaha yang terus dilakukan, disamping penambahan pendapatan walaupun tidak signifikan.

Dunia bisnis memang penuh rintangan dan misteri. Namun tentunya semua itu akan terasa tidak begitu membebani jika sebuah usaha dekat dengan hobi. Misalkan bagi yang hobi dengan dunia burung kicau, bisa merambah dalam bisnis pakan atau penangkaran. Begitu juga dengan hobi atau minat yang lainnya.

Namun tidak semua orang mendapatkan jalur bisnis yang sesuai dengan keinginannya. Bisa jadi itu semua karena faktor warisan, atau mendapatkan amanah memimpin sebuah perusahaan karena prestasi yang telah ditorehkan ketika masih menjadi karyawan.

Bisnis yang berkaitan dengan hobi terasa lebih ringan, sumber : unsplash.com

Maka dari itu, orang-orang yang ada pada level ini biasanya akan melakukan pergerakan usaha dan inovasi menurut pengalaman perusahaan. Tidak jarang pengalaman perusahaan itu bertolak belakang sama sekali dengan minat atau hobinya.

Dalam keadaan seperti ini perlu memutar otak dan tenaga dalam mengupayakan kemajuan usahanya. Apalagi jika brand dari perusahaan yang dimilikinya belum begitu dikenal bahkan belum memiliki nama yang mencerminkan cirikhas produk.

Usaha-usaha pasti akan ditempuh untuk membuat brand dari perusahaannya dikenal oleh masyarakat luas. Karena terkenal tidaknya brand sebuah perusahaan juga menentukan kesuksesan dalam promosi.

Saat itulah banyak cara akan ditempuh supaya brand perusahaannya dikenal oleh masyarakat luas. Seorang pemimpin akan berupaya mengumpulkan banyak data tentang cara branding ataupun marketing. Dari mencari daftar iklan jadul unik yang ada di Indonesia sampai informasi terbaru tentang hal itu.

Manfaat Seragam Dalam Branding

Salah satu hal yang tidak bisa dipungkiri untuk mensukseskan aktifitas branding adalah dengan adanya seragam. Berikut beberapa hal penting mengenai manfaat seragam dalam branding :

1. Mudah Dikenal

Segerombolan manusia tanpa mengenakan baju yang sama tentunya akan membuat sulit memastikan mereka dari mana. Namun berbeda ketika mereka berseragam. Dengan sangat mudah orang yang berseragam dikenali asal mereka darimana.

Keberadaan gojek contohnya. Seragam mereka akan membuat konsumen mudah memastikan adanya perusahaan ojek dibelakang mereka. Atau jika ingin menampakkan cinta pada budaya bangsa, sebuah perusahaan bisa mendatangi produsen seragam batik untuk pendukung program brandingnya.

Seragam batik salah satu simbol cinta budaya, sumber : diskominfotik.bengkaliskab.go.id

2. Sebagai Pembeda

Tentunya hari ini ada sangat banyak perusahaan yang menggeluti bidang yang sama. Sehingga membuat mereka berlomba-lomba supaya konsumen memiliki perusahaan mereka. Salah satu yang membuat konsumen memilih produk atau jasa dari sebuah perusahaan biasanya karena kualitasnya.

Sebagai contoh adalah produk mie. Walaupun hari ini sangat banyak produsen mie dengan rasa yang sama. Biasanya konsumen akan memilih yang mereka anggap paling lezat. Nah pembeda lezat ataupun tidaknya produk mie tersebut bisa tercermin dari brandnya yang terpasang dalam keseragaman pada bungkusnya.

3. Alat Promosi Berjalan

Salah satu aspek lain dari kemajuan sebuah usaha adalah promosi. Bisa dibayangkan bukan jika seandainya semua staf distributor mengenakan seragam? Disaat mereka berada dilapangan dan bertemu dengan orang banyak itulah manfaat seragam sebagai media promosi berjalan. Dari rasa penasaran yang timbul dari benak para konsumen akhirnya mendorong mereka untuk mencoba membeli.

Setelah mencoba membeli dan merasakan produk yang berkualitas yang tergambar dari kelezatannya. Akhirnya orang tersebut menjadi pelanggan tetap. Begitulah daya tarik ketika ada promosi hidup di tengah-tengah masyarakat.

Selain beberapa poin manfaat jika ada seragam dalam program branding di atas. Tentunya ada faktor lain supaya branding semakin maksimal. Bisa dari warna seragam yang dipilih atau dukungan media sosial. Maka perusahaan juga bisa meminta bantuan jasa seo untuk meningkatkan kualitas brandingnya di media sosial.

Jika seimbang antara dunia nyata dan dunia maya maka kecepatan kesuksesan program branding semakin maksimal. Dan berkaitan dengan warna seragam, tentunya disesuaikan dengan perusahaan yang beroperasi.

Branding salah satu cara memajukan sebuah usaha, sumber : unsplash.com

Jika sebuah perusahaan bergerak dalam bidang yang berhubungan dengan dunia tanaman, seragam yang sesuai biasanya berwarna hijau. Itu senada dengan corak tanaman yang mencerminkan suasana hijau.

Namun jika dalam jasa pengiriman barang seperti JNE dan semacamnya, warna merah merupakan pilihan yang tepat. Selain terlihat bersinar saat berada di jalanan, warna merah juga menggambarkan semangat yang membara.

Begitulah pentingnya seragam sebagai salah satu penunjang dalam kesuksesan program branding. Selain itu dengan adanya seragam juga akan memacu para karyawan di dalam mengeluarkan kinerja terbaiknya.

Secara psikologis, seragam memberikan efek yang membangkitkan semangat dalam kebersamaan. Maka sangat sering kita menemukan pola pendidikan kita sejak dini telah menggunakan seragam?

Dibalik seragam itulah adanya kekompakan dan persatuan. Sebuah perusahaan tentunya akan mendapatkan kualitas kerja yang maksimal dari para karyawannya ketika mereka berseragam. Bukan dibiarkan kerja begitu saja tanpa fasilitas khususnya seragam.

Selain itu kebutuhan selain seragam yang paling mendasar adalah adanya brosur dan pamflet. Produk dan pamflet akan melengkapi para karyawan berseragam di dalam melakukan promosi di masyarakat.

Namun sebagai sebuah perusahaan harus memberikan penjelasan berkaitan dengan itu. Karena terkadang kita sering keliru dalam membedakan pamflet dan brosur. Sehingga seragam yang mereka pakai semakin lengkap jika dibersamai pemahaman.

Leave a Comment