Pastinya anda tahu dengan pernah makan produk mie instan bukan? Antara satu dengan yang lain pasti akan memiliki kesan dan citarasa yang berbeda walaupun sma-sama mie instan. Pasti anda akan cenderung memilih nama satu dibandingkan dengan banyaknya deretan nama yang lain.
Tetapi sebelum anda memutuskan untuk membeli salah satu mie instan tersebut. Tentunya anda telah lebih dulu menerima informasi berkaitan dengan mie instan yang anda pilih. Baik itu dari rasa, kemasan informasi yang menarik sampai hayalan anda jika memakan mie tersebut.
Nah begitulah dunia bisnis. Para pembisnis perlu kejelian dalam usahanya agar produk yang mereka keluarkan bisa diterima oleh masyarakat. Sebuah produk yang tidak memiliki nama tentunya tidak akan bisa dilihat konsumen akan suatu ciri khasnya. Dan produk yang tidak dikenalkan tentunya tidak akan ada satu konsumen pun yang tahu.
Terlebih jika suatu nama dalam sebuah produk dikemas dengan logo yang bagus, yang dipoles sedemikian rupa oleh para pemilik jasa desain logo. Tentunya akan lebih melekatkan sebuah nama dari produk yang dihasilkan suatu perusahaan.
Secara sekilas mungkin antara nama atau brand dengan iklan atau marketing itu sama. Namun dari aktifitas dan pengertiannya tentu kedua istilah tersebut memiliki perbedaan, meski sama-sama berusaha untuk kebaikan sebuah produk.
Secara singkat branding dapat dimaknai sebagai peneguhan nama sebuah produk. Branding diambil dari kata brand yang memiliki arti nama. Sehingga aktifitas yang muncul dari hal tersebut adalah sebuah usaha agar merk atau nama sebuah produk bisa diketahui oleh masyarakat.
Dalam fase ini sebuah perusahaan biasanya akan mengeluarkan upaya yang cukup besar agar nama produk yang dikeluarkan bisa diketahui konsumen. Lebih dari itu modal yang akan dikeluarkan biasanya juga besar. Dan fokus utama dari aktifitas branding bukanlah keuntungan, namun namun produk yang melekat di benak konsumen.
Manfaat Branding
Untuk memudahkan pemahaman, makna dari branding dapat dipetakan ke dalam beberapa manfaat berikut ini :
1. Sebagai Pembeda
Fungsi branding dalam suatu bisnis yang pertama adalah sebagai pembeda. Setiap produk yang mempunyai brand yang kuat, maka konsumen akan mudah untuk membedakannya dengan brand perusahaan lain. Selain itu, branding juga dapat memberikan penanda dan ciri khas suatu produk. Sehingga, produk perusahaan dapat selalu diingat konsumen.
2. Membangun Citra Perusahaan
Masyarakat akan menerima sebuah produk yang dikeluarkan oleh perusahaan yang dikenal baik. Dan cara yang tepat dalam mengenalkan perusahaan pada konsumen adalah melalui branding, atau nama merk dagang dari produk mereka.
Sehingga tidak heran jika kita sering melihat program branding suatu perusahaan dengan mengadakan penyuluhan, atau nimbrung dalam pemberian bansos. Atau sekedar membubuhkan beragam manfaat jika menggunakan produk mereka. Entah itu manfaat kesehatan atau pengeluaran yang lebih hemat.
3. Alat Pengendali Pasar
Jika sebuah merk produk telah melekat pada konsumen, maka produk itu tampak memiliki banyak keunggulan dari produk yang lain. Dari sanalah merk atau brand yang sudah banyak konsumennya dapat mengendalikan harga jual pada produk yang sama di pasaran. Maka brand sangat dibutuhkan dalam hal ini, hingga dapat dilihat bagaimana grafik minat konsumen jika dibandingkan dengan produk dari perusahaan lain.
Nah itu beberapa manfaat yang akan didapatkan dari aktifitas branding. Dengan beberapa manfaat tersebut semoga dapat memudahkan pemahaman dalam memahami branding yang memang kenyataannya berbeda dengan marketing.
Sedangkan marketing sendiri secara sederhana dapat dimaknai sebagai aktivitas pengenalan sebuah brand atau merk kepada konsumen. Sehingga fokus dari aktivitas ini memang utamanya adalah untuk meningkatkan jumlah penjualan suatu produk.
Secara bahasa marketing diambil dari kata market yang berarti pasar. Jadi marketing adalah aktifitas mengenalkan dan menawarkan sebuah merk produk ke pasaran agar diketahui dan dibeli oleh para konsumen.
Strategi dalam marketing sendiri pun amat beragam. Baik dari iklan di televisi dan media, memberikan diskon hingga muncul dalam acara seminar-seminar serta memberikan paket seminar kit sebagai sponsor. Dari sanalah biasanya produk akan diketahui dan diminati oleh para konsumen.
Manfaat Marketing
Sedangkan dari aktifitas marketing tersebut, akan didapatkan banyak manfaat yang diantaranya adalah :
1. Produk Dikenal Konsumen
Manfaat yang paling menonjol dari aktifitas marketing adalah produk akan segera dikenal oleh konsumen. Terlebih jika marketing yang dilakukan sudah merambah atau menggunakan dunia digital maka akan semakin pula konsumen mengenalnya. Jika sebuah produk sama dengan yang ada di iklan, tentunya produk tersebut akan laku di pasaran.
2. Distribusi Menjadi Lebih Efisien
Biasanya sebuah produk tidak akan langsung mendapatkan banyak peminat setelah diiklankan. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor. Mungkin dari ekspektasi konsumen yang jauh dari realita, atau dari kecenderungan kesukaan konsumen karena faktor kebiasaan suatu daerah.
Sehingga dengan adanya marketing, akan dengan cepat terdata daerah mana saja yang banyak peminat dari suatu produk. Dari situlah pemetaan distribusi bisa dibuat guna percepatan distribusi itu sendiri.
3. Mempengaruhi Psikologi Konsumen
Manfaat dari aktifitas marketing selanjutnya adalah psikologi dari konsumen yang terpengaruhi. Baik dari cara iklan melaului visual di televisi atau dari informasi yang disiarkan melalui radio. Saat otak menerima informasi baru biasanya akan segera merespon. Respon yang serius dan mendalam itu biasanya akan mempengaruhi psikologi.
Walaupun kita tahu bahwa psikologi setiap orang itu berbeda, sesuai dengan kapasitas dan minat masing-masing. Maka tips penerapan psikologi marketing wajib diketahui agar usaha dari aktifitas marketing yang dilakukan tidak sia-sia.
Itulah beberapa manfaat dari aktifitas marketing yang akan membantu membedakanya dari branding. Walaupun aktifitas branding dan marketing itu berbeda, namun keberadaan keduanya selalu beriringan untuk mendongkrak keuntungan perusahaan.
Sehingga secara mudah branding itu dapat dipahami sebagai peneguhan merk sedangkan marketing itu adalah cara meningkatkan penjualan. Dan jika anda suka dengan artikel ini silahkan baca artikel lain tips mudah memasang reklame di taman.