Inspirasi Mengembangkan Bisnis untuk Incumbent

//

Inspirasi Mengembangkan Bisnis-Memiliki bisnis yang sudah berjalan sukses tentunya menjadi impian semua orang, terutama bagi para pebisnis pemula dan ingin mengembangkan bisnisnya. Ketika Anda ingin usaha yang berkembang dan maju, maka buatlah bisnis Anda agar mendapatkan permintaan pasar, omzet dan laba yang tumbuh stabil

Seiring dengan perjalanan bisnis, pebisnis harus bisa menentukan pilihan. Apakah tetap berada di jalur bisnis yang aman atau ditigkatkan pada skala ekspansif untuk bisa lebih berkembang. Apakah ingin berada pada zona nyaman atau mengambil tantangan pada skala yang lebih besar. Tentunya setiap pilihan yang Anda ambil akan memiliki konsekuensi masing-masing.

Untuk mengubah bisnis kecil menjadi bisnis yang berkembang dan besar bukanlah perkara yang mudah untuk diaplikasikan. Agar berhasil meraih kesuksesan, pebisnis dituntut untuk memiliki kemampuan manajerial yang cukup baik dan yang tidak kalah penting adalah kemauan untuk bekerja lebih keras, mengalokasikan segenap keahlian dan kecerdasan serta tidak pernah menyerah.

Inspirasi Mengembangkan Bisnis

Mengembangkan bisnis membutuhkan upaya agar barang atau jasa yang Anda tawarkan kepada konsumen tetap diminati setiap saatnya dan banyak hal-hal lainnya yang berujung pada pertumbuhan dan meningkatnya laba pada bisnis. Ada beberapa faktor yang dapat menjadi panduan Anda dalam rangka percepatan pengembangan bisnis.

Mengembangkan bisnis membutuhkan upaya agar barang atau jasa yang Anda tawarkan kepada konsumen tetap diminati setiap saatnya dan banyak hal-hal lainnya yang berujung pada pertumbuhan dan meningkatnya laba pada bisnis.
Ilustrasi inspirasi, sumber: kompasiana.com

Meningkatkan Jangkauan Pasar

Semakin besar pasar yang bisnis Anda kuasai, maka akan berbanding lurus dengan besarnya jangkauan bisnis Anda. Dengan menjankau banyak segmentasi pasar, maka dengan itu bisnis akan memiliki banyak peluang dan potensi untuk mendapatkan konsumen-konsumen baru. Bersama dengan basis pelanggan yang membedar, permintaan terhadap barang atau jasa juga pasti akan bertambah.

Semuanya berujung pada peningkatan profit perusahaan Anda yang bersumber dari produk yang terjual semakin bertambah. Memperluas jangkauan tidak melulu berbicara tentang strategi marketing yang bagus. Tapi lebih pada faktor aksesibilitas. Beberapa panduan yang tersebar di internet hanya fokus pada aspek akuisisi saja, bukan pada ketersediaan.

Beberapa hal yang mungkin bisa membantu misalnya menambah opsi pembayaran yang bisa diterima Go-Pay, OVO, Dana, LinkAja, dan lain-lain. Menambah opsi pengiriman, tidak sekedar variasi harga namun juga waktu pengiriman dari 6 jam hingga 1 minggu. Membuka toko di marketplace-marketplace besar seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dan Shopee. Misalkan jika bisnis Anda adalah di bidang makanan maka pastikan Anda hadir di Zomato, Go-Food dan Grabfood merchant, Qraved, dll.

Menjangkau konsumen di luar batas geografis dengan iklan digital di Facebook, Google, atau Twitter. Bermitra dengan peritel lokal di daerah lain agar produk Anda bisa ditampilkan di toko mereka dengan skema bagi hasil. Merancang kemitraan franchise agar calon pengusaha lain yang ingin menjalankan bisnis serupa namun enggan bersusah payah membangun dari 0 dapat merujuk pada strategi bisnis Anda

Menjangkau konsumen di luar batas geografis dengan iklan digital di Facebook, Google, atau Twitter. Bermitra dengan peritel lokal di daerah lain agar produk Anda bisa ditampilkan di toko mereka dengan skema bagi hasil.
Ilustrasi jangkauan pasar, sumber: blogkuilmusosial.blogspot.com

Mengembangkan Produk Baru

Untuk menghidari kejenuhan pasar, Anda sebagai pebisnis perlu menghadirkan inovasi produk yang dapat dipasarkan lebih luas. Misalnya dengan menargetkan pelanggan di luar kawasan atau melampaui demografi perusahaan Anda saat ini. Bisa juga dengan menciptakan variasi dari produk yang Ada. Ini adalah sebuah bentuk penyegaran agar menghindari kejenuhan kepada konsumen setia.

Anda bisa mengambil contoh dari bisnis fast foor. Dimana mereka sering memperkenalkan varian rasa baru dari produk-produk unggulan yang digemari banyak orang. Hal ini bisa Anda coba jika jenis atau model bisnis Anda support untuk merilis varian produk baru dalam jangka waktu tertentu.

Manage Persaingan

Ketika Anda hanya melayani area geografis yang terbatas, maka pelanggan pun ikut terbatas. Apalagi, bila jenis bisnis Anda mudah ditiru. Ini menyebabkan menjamurnya persaingan, suplai akan terlalu besar dari permintaan yang begitu sedikit. Perang harga terjadi, dan merugilah aktivitas usaha.

Tak sekedar bagaimana memasuki pasar baru, namun juga meramu keunggulan produk yang diminati pelanggan dan mempersiapkan kapasitas produksi dan sumberdaya lain saat tiba waktunya ekspansi. Pertimbangkan juga seberapa potensial lokasi sasaran baru Anda, berupa kuantitas dari kompetitor baru yang akan dihadapi.

Tingkatkan Kesadaran Merek

Bermitra dengan para key opinion leader (KOL) yaitu blogger, vloggers, dan influencer untuk memberikan paparan luas pada merek Anda. Namun pastikan, audiens massa yang KOL ini punya sesuai dengan segmen pasar yang Anda targetkan. Untuk itu, Anda juga memerlukan biaya yang cukup lumayan menguras kantong, apalagi jika yang Anda gunakan adalah youtuber terkenal.

Menggunakan jasa Optimasi Website yang terpercaya juga bisa menjadi pilihan untuk Anda dalam mengembangkan usaha, terutama dalam meningkatkan kesadaran konsumen pada merek produk Anda dengan memberikan konten-konten edukatif dan informatif seputar produk dan bisnis Anda.
Ilustrasi membangun kesadaran merek, sumber: dreambox.id

Menggunakan jasa optimasi website yang terpercaya juga bisa menjadi pilihan untuk Anda dalam mengembangkan usaha, terutama dalam meningkatkan kesadaran konsumen pada merek produk Anda dengan memberikan konten-konten edukatif dan informatif seputar produk dan bisnis Anda.

Perluas Relasi Bisnis

Pameran kewirausahaan dapat menjadi cara untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada masyarakat luas. Karena biasanya akan ada ribuan orang yang hadir dari berbagai daerah dan banyak liputan media nasional. Pameran kewirausahaan juga memberikan peluang bagi bisnis Anda untuk menjaring pelanggan secara langsung. Bahkan Anda dapat bertemu dengan calon investor dan mitra yang ingin bergabung dalam mengembangkan usaha Anda.

Mulai dari titik awal, bergabunglah dengan komunitas pengusaha lokal atau program pemberdayaan yang dikelola dinas setempat. Menjalin hubungan erat dengan pihak pemerintah seperti Dinas Koperasi dan UMKM memungkinkan Anda untuk diperkenalkan banyak kesempatan pameran hingga diberikan pendanaan untuk membiayai seluruh pengeluaran. Bagi mereka, bisnis Anda adalah potensi lokal yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan sekitar lewat terbukanya lapangan kerja saat bisnis berkembang.

Pertahankan Pelanggan Lama

Pelanggan baru itu penting, tetapi tidak tepat jika Anda berpikir bahwa cara mengembangkan usaha hanya dengan menemukan pelanggan baru sebanyak mungkin. Namun, cara terbaik adalah mempertahankan pelanggan lama sambil meraih pelanggan baru. Karena lebih mudah membuat pelanggan lama terus membeli produk Anda, daripada memenangkan pelanggan baru yang sama sekali tidak mengenal produk Anda atau belum menggunakannya. Menjangkau pelanggan lama juga lebih hemat biaya untuk promosi, karena mereka sudah tahu produk Anda.

Memberikan Layanan Terbaik

Pastikan Anda memiliki layanan pelanggan yang handal. Berikan pelatihan untuk karyawan dalam melayani pelanggan hingga mereka tahu bagaimana menangani pelanggan dengan karakter-karakter yang berbeda. Pelanggan adalah aset berharga untuk kelangsungan bisnis. Perlakukan dengan baik, mulai dari saat penawaran dan setelah pembelian.

Pelanggan adalah aset berharga untuk kelangsungan bisnis. Perlakukan dengan baik, mulai dari saat penawaran dan setelah pembelian.
Ilustrasi best service, sumber: ch.widex.pro

Khusus untuk keluhan, selesaikanlah secara menyeluruh sehingga nama baik bisnis Anda tetap terjaga. Tunjukkan bahwa Anda peduli akan keberhasilan mereka. Ingat bahwa kekuatan pemasaran dari mulut ke mulut masih sangat efektif. Terutama pasti Anda ingin terhindar dari tersebarnya berita yang buruk, bukan?

Melakukan Diversifikasi Produk

Kebutuhan manusia terus berubah dan kondisi zaman terus berkembang. Anda harus memiliki inspirasi untuk mengembangkan bisnis Anda beradaptasi terhadap perubahan. Jadi, Anda perlu menciptakan inovasi seperti membuat variasi baru atau diversifikasi produk. Diversifikasi adalah cara untuk memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan. Anda juga dapat menambahkan membuat varian baru dari produk yang sudah ada.

Kelola Keuangan dengan Benar

Mengembangkan usaha kecil menjadi bisnis besar memerlukan biaya yang tak kecil. Karena itu, pastikan Anda dapat mengelola piutang, utang, dan inventaris produk secara efektif. Mendapatkan dana untuk ekspansi adalah satu hal. Sebab mengelolanya dengan benar adalah hal berbeda yang krusial pula.

Manajemen keuangan yang baik amat penting agar arus kas selalu lancar setiap bulan. Sehingga bisnis Anda tidak defisit dan kelangsungan bisnis dapat dijamin. Karena tidak lucu bukan usaha yang sedang naik daun tiba-tiba kandas di tengah jalan gara-gara managemen financial atau kelola keuangan yang buruk.

Itulah beberapa inspirasi mengembangkan bisnis yang bisa Anda coba pada bisnis, jika Anda seorang pebisnis dan bisa Anda simpan untuk kesempatan lain jika Anda belum punya bisnis. Semoga segmentasi kali ini tidak membosankan dan tetap bermanfaat bagi pembaca sekalian. Salam Adverta ID!

Leave a Comment