Diera globalisasi, gaya hidup modern tidak lepas dari dunia periklanan. Dengan menonjolkan gaya hidup yang modern, iklan, salah satunya iklan outdoor akan dengan mudah menawarkan produk atau jasa pada konsumen. Dengan menawarkan gaya hidup yang sesuai dengan konsumen, maka produk atau jasa yang ditawarkan akan laris dipasaran. Karena masyarakat ingin selalu mengikuti trend yang berkembang.
Perkembangan dunia periklanan saat ini memang sangat pesat, hal ini mungkin tidak di sadari oleh sebagian masyarakat, karena secara tidak langsung masyarakat di perngaruhi oleh iklan untuk menawarkan suatu produk atau jasa. Jika konsumen mulai tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang di tawarkan berarti dapat dikatakan iklan tersebut telah berhasil.
Periklanan tidak bisa kita lepaskan dari dunia kreatif. Biro iklan sendiri awalnya berdiri sebagai perantara antara pengiklan dan media. Tetapi, dengan banyaknya biro iklan yang muncul, akhirnya penawaran yang di buat semakin menarik. Hal itulah yang mendorong biro iklan membuat model iklan yang berbeda dan kreatif.
Kemudian mereka juga merencanakan dimana iklan itu akan dipasang, iklan outdoor merupakan salah satu media promosi yang di gunakan produsen untuk merebut hati konsumen. Iklan outdoor adalah iklan yang berada diluar ruangan dan konsumen yang melihat iklan adalah konsumen atau audiens yang bergerak, yaitu mereka yang sedang naik mobil, sepeda motor dan pejalan kaki.
Periklanan dan Desain Grafis
Iklan atau dalam bahasa inggris advertising adalah suatu bentuk komunikasi massa komersial yang di rancang untuk mempromosikan pemasaran produk atau jasa ataupun pesan dari suatu lembaga tertentu, organisasi, bahkan bisa juga pesan dari kandidat dalam suatu kampaye politik. Fakta menariknya adalah sejarah penggunaan iklan secara besar-besaran di mulai sejak abad ke 20 masehi.
Dalam beriklan desain grafis berperan sangat penting agar terciptanya iklan yang kreatif sehingga konsumen tertarik dengan melihat iklan tersebut. Istilah seni grafis yaitu seni gambar dalam dua dimensi pada umumnya mencakup beberapa bentuk kegiatan, seperti menggambar, melukis, dan fotografi. Secara spesifik cakupan tadi terbatas pada karya yang dicetak atau karya seni yang di buat untuk di perbanyak melalui proses cetak.
Sejarah Iklan Outdoor
Ribuan tahun yang lalu orang mesir menggunakan tugu batu yang tinggi untuk mempublikasikan hukum dan perjanjian. Ini merupakan bentuk bentuk permulaan periklanan outdoor. Melalui publikasi dalam bentuk tugu tersebut, bangsa manusia mempunyai iklan pertama mereka
Ketika Johannes Gutenberg menciptakan pencetak huruf yang dapat bergerak pada 1450, periklanan modern mulai diperkenalkan melalui surat selebaran dan surat edaran. Pada 1796, ketika proses litografis (cetak dari batu atau logam yang di tulisi atau di gambari) telah mecapai kesempurnaannya, poster pertama yang di buat. Pada saat itu poster dibuat untuk menyampaikan pesan dalam periode waktu yang tetap dan di pajang di daerah yang tetap memiliki lalu lintas padat.
Jenis-Jenis Iklan Outdoor
Periklanan Outdoor beragam sekali jenisnya, mulai dari yang simple dan sederhana dengan biaya yang minimalis sampai yang rumit dan kompleks dengan harga yang cukup menguras dompet, berikut ini beberapa jenis dari iklan outdoor yang kami rasa perlu untuk pembaca sekalian ketahui.
Billboard
Billboard merupakan periklanan outdoor yang paling utama. Billboard dirancang untuk tujuna memperkenalkan nama merek, billboard biasanya terpampang atau dipasang di jalan raya yang ramai oleh pengendara maupun pejalan kaki.
Street Furniture
Periklanan outdoor lainnya adalah street furniture, iklan street furniture meliputi bus shelter, urban, furniture, kios, convenience storedi dan shopping mall.
Transit
Periklanan selanjutnya adalah transir, iklan outdoor transit dapat berupa ilklan bus, mobil, kereta api dan busway, truk, bandara dan di lilitkan pada kendaraan
Alternative Media
Periklanan outdoor dapat pula berupa alternative media, misalnya tulisan di udara, arena dan stadion, kapal laut, kampus dan resort dan gedung bioskop.
Neon Box
Neon box adalah jenis iklan yang terbuat dari seng aluminium pipa sataal, arcilic, calibrate, alat penyinaran atau bahan lain sejenisnya.Neon box biasanya dipasang ditempat yang sudah di sediakan misalnya di gantung, ditempel, dibuat pada bangunan tembok, dinding pagar dan lain sebagainya. Neon box biasanya harus disinari atau dapat bersinar.
Papan Nama
Papan nama atau papan reklame yang sering kita jumpai sebenarnya sama fungsinya dengan kartu nama kita, juga sama dengan papan reklame besar (billboard) hanya beda ukuran, selain nama dan alamat pada papan reklame tertulis nama barang atau jasa yang ditawarkan. Seringkali disertai dengan gambar produk atau logo sebagai elemen visula yang memudahkan konsumen memahami tujuan papan nama tersebut.
Spanduk
Spanduk adalah jenis iklan outdoor yang biasa di pasang di jalan-jalan. Spanduk biasanya berisikan suatu acara dan hal-hal penting yang harus di sebarkan kepada masyarakat. Spanduk dengan ukuran yang besar dan lebar memiliki kemampuan untuk memberikan informasi secara luas kepada masyarakat.
Baca juga: Pembuatan dan pemasagan huruf timbul ngaglik
Brandig Image
Branding image merupakan pembuatan kesan nama sebuah produk atau jasa memiliki kesan yang mendalam dipikiran konsumen yang timbul dari kepribadian kualitas sebuah merek (kualitas nyata yang melewati proses pencitraan konsisten dan nyaris dikenal tanpa kekurangan)
Kratif Dalam Merancang Iklan Outdoor
Strategi merancang iklan outdoor adalah bercerita secara visual. Ekspresi sebuah ide dapat menhejutka orang-orang yang melihat iklan, baik mengejutkan dengan kata maupun mengasyikkan dengan menggunakan gambar atau foto. Strategi merancang iklan outdoor merupakan ekspresi dari sebuah konsep yang sangat jelas dan cermat. Untuk mendapatkan konsep yang jelas dan cermat tersebut bisa dengan menggunakan langkah strategis berikut ini
Strategi Generik
Pendekatan jenis ini berorientasi pada keunggulan biaya secara keseluruhan dan diferensiasi. Keunggulan biaya keseluruhan menonjolkan harga rendah dari pesaing. Diferensiasi menunjukkan perbedaan yang mencolok antara mereknya dengan merek pesaing, tetapi tidak secara superior.
Strategi Preemtive
Serupa dengan strategi generik, tetapi lebih menonjolkan superioritas. Strategi ini digunakan oleh perusahaan yang produknya kecil, strategi ini unik karena menonjolkan keunggulan atau superioritas dan merupakan strategi dengan pernyataan yang unik.
Strategi Unique Selling Proposition
Strategi Unique Selling Proposition dikembangkan oleh roseer reeves. Strategi ini berorientasi pada keunggulan atau kelebihan produk yang tidak dimiliki oleh produk dari pesaingnya, kelebihan tersebut juga merupakan sesuatu yang di cari atau dijadikan alasan bagi para konsumen untuk menggunakan produk.
Strategi Brand Image
Strategi Brand Image merupakan sebuah merek atau produk yang diproyeksikan pada sebuah citra (image) melalui periklanan. Gagasannya adalahagar konsumen dapat menikmati keuntungan psikologis sebuah produk (selain keuntungan fisikal yang mungkin ada).
Strategi Inheren Drama
Strategi inheren drama adalah strategi karakteristik produk yang membuat konsumen ingin membeli produk. Inheren drama menggunakan pendekatan yang menekankan filosofi periklanan yang mengikuti mode yang di contohkan oleh pendiri leo burnett di chicago.
Strategi Positioning
Strategi positioning sebagai dasar strategi pemasaran dikembangkan oleh 2 kawan pada tahun 1970an dan menjadi dasar yang populer dari pengembangan strategi kreatif. Gagasan umum positioning adalah menempatkan sebuah produk untuk mendapatkan posisi yang baik dalam benak konsumen.
Strategi Resonansi
Strategi ini berfokus pada situasi atau kondisi yang ditemukan dan menguatkan semangat hidup konsumen. Jenis strategi satu ini lebih menekankan nuansa motivasi dan inspirasi di dalamnya.
Demikian tulisan yang bisa kami rangkum, ingatlah bahwa iklan atau periklanan itu adalah hal yang penting dalam perjalanan dan pengembangan bisnis ataupun usaha, maka segera rencanakan beriklan dengan memasang papan reklame atau bahan sejeninya.