Apakah Anda mengetahui, jika iklan-iklan tidak selalu mempromosikan produk atau jasa? Ada juga loh iklan yang hanya memberikan informasi atau pesan kepada masyarakat. Iklan ini disebut iklan non komersial. Jenis iklan non komersial ini biasanya digunakan oleh pemerintah, LSM, atau organisasi nirlaba.
Pastinya ada juga perbedaan iklan komersial dan iklan non komersial. Perbedaan tersebut terletak pada tujuannya. Tujuan dari iklan komersial ini adalah untuk mendapatkan keuntungan, sedangkan iklan non komersial ini hanya menyampaikan informasi atau mengedukasi masyarakat.
Dan biasanya iklan komersial ini menggunakan kalimat persuasif, yang mana dapat menarik perhatian masyarakat, sedangkan iklan non komersial ini biasanya hanya berfokus menyampaikan informasi dan juga edukasi untuk masyarakat.
Untuk mengetahui informasi yang lebih banyak lagi, yuk kita gali informasi yang lebih dalam mengenai iklan non komersial ini.
Pengertian Iklan Non Komersial
Iklan non komersial juga dikenal dengan iklan nirlaba. Iklan ini merupakan iklan yang tidak memiliki tujuan bisnis di dalamnya. Jenis promosi yang satu ini juga lebih dikenal untuk menyampaikan pesan-pesan sosial, politik dan budaya yang mana bertujuan untuk memberikan pengaruh positif kepada masyarakat. Iklan non komersial ini juga memiliki ciri khas yang mana dapat dikenal dari bahasa yang digunakan.
Iklan ini juga memiliki berbagai bentuk seni visual, seperti graffiti, mural ataupun seni instalasi yang memiliki pesan yang akan disampaikan kepada masyarakat. Tujuan dari iklan komersial ini juga beragam salah satunya adalah untuk menambah wawasan atau pengetahuan baru dan perubahan perilaku atau sikap akan sesuatu.
Tujuan Iklan Non Komersial
Tujuan utama dari iklan non komersial atau nirlaba ini adalah untuk menyampaikan pesan layanan masyarakat secara umum, seperti meminta partisipasi dalam program sosial, kampanye kesehatan, atau memberi edukasi masyarakat tentang isu-isu penting seperti lingkungan dan keselamatan.
Meskipun iklan non komersial ini tidak bertujuan untuk penjualan produk ataupun jasa. Jenis iklan yang satu ini tetap memiliki peran penting, karena iklan ini berperan penting dalam memberikan menyampaikan pesan positif dan edukasi kepada masyarakat.
Iklan non komersial biasanya ditempatkan di lokasi strategis, seperti dekat kantor pemerintah, sekolah, dan tempat umum, untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Adapun beberapa contoh tujuan pemasangan iklan non komersial
- Meningkatkan kesadaran ,masyarakat tentang masalah lingkungan dan sosial
- Memperbaiki sikap masyarakat
- Mendorong masyarakat untuk mengambil tindakan yang baik untuk lingkungan sosial
- Memberikan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat.
- Mengingatkan masyarakat untuk berbagi
- Mempengaruhi pandangan masyarakat tentang suatu isu politik atau sosial
- Mempopulerkan tujuan sosial
Ciri-ciri Iklan Non Komersial
Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari iklan non komersial, Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri dari iklan non komersial ini. berikut adalah ciri-ciri iklan non komersial.
1. Mempromosikan Kampanye Sosial
Iklan non komersial juga dapat digunakan untuk mempromosikan sebuah kampanye loh. Iklan ini juga merupakan sarana untuk mengekspresikan kampanye sosial yang membahas isu lingkungan, kesehatan, dan pendidikan.
Adapun tujuan dari kampanye sosial ini yaitu untuk mengajak masyarakat agar memperhatikan dan terlibat dalam permasalahan sosial yang ada disekitarnya. Iklan non komersial diharapkan dapat mengkomunikasikan pesan kampanye sosial secara efektif dan membantu menginformasikan publik tentang pentingnya isu sosial yang diangkat.
2. Iklan Fokus Pada Isi Pesan
Seperti yang kita ketahui jenis iklan non komersial ini tidak berfokus untuk melakukan penjualan produk dan jasa. Iklan non-komersial sebenarnya berfokus pada pesan atau informasi yang ingin disampaikan kepada masyarakat.
Pesan-pesan yang disampaikan dalam iklan ini biasanya bersifat edukatif dan bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat atau menambah pengetahuan yang sudah ada. Dalam hal ini, iklan nirlaba berfungsi sebagai media untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu sosial yang menjadi fokus kampanye sosial.
3. Iklan Yang Dibuat Oleh Pemerintah, Organisasi Nirlaba Atau LSM
Iklan non komersial ini sering kali dibuat oleh pemerintah, LSM, dan organisasi nirlaba loh. Tujuan pembuatan iklan tersebut adalah untuk mendidik dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu-isu sosial tertentu. Dalam hal ini, iklan non komersial dapat berbentuk iklan layanan masyarakat atau public service warning (PSA).
Iklan non komersial juga dapat dibuat oleh individu atau kelompok komunitas yang menjalankan misi sosial tertentu. Seperti yang Anda ketahui jika tujuan iklan ini tetap sama, yaitu membuat masyarakat lebih sadar dan berpartisipasi dalam isu-isu sosial di sekitar mereka.
Jenis Iklan Komersial
Seperti yang Anda ketahui, jika iklan non komersial hanya berfokus memberikan informasi kepada masyarakat. Iklan ini juga terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah:
1. Iklan Sosial
Iklan sosial ini memiliki tujuan, yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah sosial. Contohnya seperti kesehatan, pendidikan, lingkungan dan sebagainya.
2. Iklan Politik
Iklan politik adalah iklan non komersial yang digunakan oleh kandidat dari suatu partai politik. Tujuan dari iklan politik ini adalah untuk mempengaruhi pandangan masyarakat tentang isu-isu politik tertentu.
3. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah sebuah iklan komersial yang bertujuan untuk memberikan informasi bermanfaat untuk masyarakat. Informasi yang diberikan biasanya tentang pentingnya keselamatan saat di jalan, menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.
Nah itu dia informasi yang dapat kami bagi mengenai iklan non komersial, semoga artikel ini dapat membantu Anda. Mungkin Anda juga tertarik tentang social media marketing. Kunjungi selalu website kami untuk mendapatkan berbagai informasi lainnya.