Strategi Promosi Event, Menghelat Event Untuk Brand Awareness

//

Pemasaran acara merupakan salah satu cara untuk memasarkan produk. Membangun event lebih dari sekedar melakukan penjualan atau pemberian hadiah, melainkan juga perlu strategi dan manajemen yang tepat. Berikut adalah strategi promosi event, dimana event dibangun untuk marketing produk.

Dapat dikatakan bahwa semua orang menyukai kehebohan. Manusia adalah makhluk sosial. Anda tentu senang berpesta, berkumpul bersama, bergaul, dan bertegur sapa – meskipun hanya sebentar. Mengadakan event yang berpusat pada perusahaan adalah cara yang bagus untuk menghadirkan aspek sosial ke dalam bisnis Anda dan mempromosikan produk dan layanan Anda di sepanjang acara. 

Saat Anda mulai berpikir tentang strategi promosi event Anda sendiri supaya sukses, luangkan waktu untuk merenungkan event apa saja yang pernah Anda hadiri untuk perusahaan dan organisasi lain. 

Pikirkan tentang jenis acara yang paling melibatkan Anda sebagai pengunjung kala itu. Pikirkan tentang acara yang Anda hadiri yang membuat Anda merasa senang. Pikirkan tentang acara yang membuat Anda memuji-muji teman dan keluarga Anda tentang sebuah perusahaan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Promosi Event?

Promosi event adalah jenis pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mempromosikan produk, layanan, atau mereknya, baik melalui penyelenggaraan atau menghadiri event secara langsung maupun virtual. 

Meliputi berbagai macam gaya acara, promosi event dapat mencakup segala hal, mulai dari peluncuran produk hingga acara akhir tahun atau kelas dan demo, serta dapat dilakukan secara langsung atau online.

Promosi event adalah cara yang bagus untuk menyebarkan informasi tentang produk dan layanan Anda serta meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan dan calon pelanggan.

Berbagai Jenis Strategi Promosi Event

Ketika berbicara tentang berbagai jenis promosi event, idenya tidak terbatas. Ada berbagai jenis event yang dapat digunakan di berbagai industri untuk membantu Anda memasarkan produk.

Patut diingat pula bahwa salah satu dari acara-acara ini dapat diselenggarakan secara langsung, virtual, atau gabungan keduanya untuk mengakomodasi preferensi semua pendaftar event Anda.

1. Promosi Event Untuk Membangun Kesadaran Dan Loyalitas

Strategi Promosi Event, Menghelat Event Untuk Brand Awareness
Ilustrasi stand dalam event promosi, Sumber: Istockphoto.com

Menghelat event adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesadaran calon pelanggan dan membangun loyalitas di antara pelanggan Anda yang sudah ada. 

Misalnya, jika Anda berada di industri makanan atau minuman, Anda dapat mengadakan acara mencicipi untuk memungkinkan orang mencicipi produk Anda. Strategi promosi event seperti ini bisa menjadi sangat bagus jika Anda sedang meluncurkan produk baru atau menguji menu baru.

2. Seminar Edukasi, Workshops, dan Events

Strategi Promosi Event, Menghelat Event Untuk Brand Awareness
Seminar edukasi, workshops, dan events, Sumber: Istockphoto.com

Seminar edukasi adalah potensi besar lainnya untuk memberikan nilai. Dalam strategi promosi event ini, berikan edukasi berupa saran kepada audiens Anda sambil membangun loyalitas dan mendatangkan klien baru. 

Anda bisa mempertimbangkan semacam workshop casual dengan agenda makan bersama dan belajar, atau webinar yang bisa dihadiri secara virtual. 

Misalnya, jika Anda berada di dunia bisnis-ke-bisnis (B2B), Anda dapat menyelenggarakan pelatihan atau webinar tentang bidang keahlian Anda. Jika Anda menawarkan layanan pemasaran, Anda dapat menyelenggarakan acara untuk mengedukasi audiens tentang alat atau strategi tertentu. 

Jika bisnis Anda adalah toko roti, warung makan, atau sejenisnya yang berfokus pada jenis makanan tertentu, Anda dapat menyelenggarakan kelas di mana orang dapat belajar memasak atau memanggang sesuatu yang spesifik. 

Misalnya, toko roti dapat menyelenggarakan kelas menghias kue liburan, tempat penyulingan dapat menyelenggarakan kelas yang mengajarkan audiens cara meracik beberapa minuman, atau restoran barbekyu dapat menyelenggarakan kelas membuat saus BBQ buatan sendiri. 

Jika Anda seorang seniman yang menjalankan bisnis dibidang seni, Anda dapat menyelenggarakan workshop yang mengajarkan audiens cara melakukan sesuatu yang spesifik. Anda bahkan dapat menyelenggarakan strategi promosi event workshop untuk anak-anak agar mereka tertarik pada seni. 

Ide lainnya adalah jika Anda bergerak di bidang properti, Anda dapat menyelenggarakan semacam kelas untuk mengumpulkan orang-orang dan mengajari mereka cara melakukan sesuatu yang berhubungan dengan identitas rumah mereka seperti membuat karangan bunga saat liburan, kelas berkebun, atau bahkan kelas perawatan rumah untuk pembeli rumah pertama Anda. 

Sejujurnya, ada banyak sekali kesempatan untuk mengedukasi audiens Anda, apa pun industri Anda.

3. Konferensi dan Pameran Dagang

Strategi Promosi Event, Menghelat Event Untuk Brand Awareness
Konferensi dan pameran dagang, Sumber: Istockphoto.com

Konferensi dan pameran dagang adalah cara lain yang bagus untuk membangun kesadaran merek. Mengadakan konferensi memungkinkan Anda untuk menyebarkan nama Anda dan mengedukasi audiens Anda dengan agenda yang penuh dengan pengalaman edukatif dengan pembicara yang relevan serta peluang membangun jaringan. 

Strategi promosi event berupa konferensi sangat bagus untuk berbagai jenis bisnis, dengan jenis audiens berupa calon konsumen langsung hingga calon mitra bisnis Anda.

Adapun pameran dagang, adalah cara lain yang bagus untuk memasarkan produk Anda bersama dengan bisnis lain. Pameran dagang biasanya diselenggarakan di sekitar industri atau jenis produk tertentu. 

Pameran ini juga memungkinkan Anda untuk bertemu dengan pembeli yang memenuhi syarat dan perusahaan lain yang dapat membantu menjual produk Anda. Pertimbangkan untuk menyelenggarakan pameran dagang Anda sendiri atau menghadiri pameran yang relevan dengan industri Anda.

4. Event Non Profit (Nirlaba)

Strategi Promosi Event, Menghelat Event Untuk Brand Awareness
Event non profit dalam bentuk festival, Sumber: Istockphoto.com

Dalam dunia non profit (nirlaba) atau biasa juga disebut dengan filantropi, promosi dengan event adalah kunci dari upaya penggalangan dana Anda. Event bisa dalam bentuk lelang atau undian, gala dengan pertunjukan khusus, konser penggalangan dana, fun run atau jalan sehat sejauh 5 kilometer, semacam jalan kaki atau lari maraton, atau bahkan kompetisi. 

Menghelat event guna menciptakan kesadaran produk akan memberikan hasil yang baik untuk usaha Anda. Tentu pada akhirnya Anda juga melihat apabila strategi brand awareness dengan menghelat event memiliki kekurangan seperti di bagian pendanaan yang tidak sedikit serta potensi event sepi pengunjung. 

Tidak ada strategi brand awareness atau marketing yang sempurna. Yang ada, adalah bagaimana memanfaatkan setiap strategi yang ada secara maksimal, untuk hasil yang maksimal juga tentunya. Temukan artikel seputar pemasaran lainnya di website kami. Terima kasih.

Leave a Comment