Jika Anda adalah pemilik bisnis laundry, maka Anda tahu bahwa mengembangkan strategi promosi laundry bisa jadi sulit. Ada begitu banyak platform dan strategi yang berbeda untuk dipilih, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai.
Di zaman sekarang ini, penting untuk memastikan bisnis laundry Anda hadir secara online. Situs web Anda harus selalu diperbarui dan informatif, dan Anda harus aktif di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Google.
Artikel ini akan membahas beberapa strategi promosi laundry yang paling penting yang akan membantu mempromosikan bisnis Anda. Dengan mengikuti langkah-langkahnya, Anda akan berada di jalur yang tepat untuk menarik pelanggan baru dan mengembangkan bisnis Anda.
4 Strategi Promosi Laundry Lengkap Dengan Langkah-Langkahnya
Ketika Anda baru memulai, penting untuk mengembangkan strategi pemasaran yang solid. Anda harus menentukan siapa target pasar Anda dan metode apa yang akan Anda gunakan untuk menjangkau mereka. Beberapa metode promosi seperti iklan cetak, iklan online, brosur, dan promosi dari mulut ke mulut bisa Anda terapkan.
Metode promosi tersebut dapat Anda kombinasikan pula dengan 4 strategi promosi laundry berikut ini. Anda tidak akan membacanya hanya dalam bentuk saran, namun juga lengkap dengan langkah-langkahnya yang bisa segera Anda lakukan.
1. Menyiapkan Profil Google Business
Google Business merupakan cara terbaik untuk menjalin hubungan pertama dengan calon pelanggan. Saat mereka mencari “laundry di dekat saya”, Anda akan muncul sebagai kandidat. Anda juga dapat menampilkan foto-foto bisnis laundry Anda, alamat dan nomor telepon, jam operasional, dan bahkan memasang penawaran promosi di Google Business.
Berikut adalah panduan dalam membuat akun Google Business untuk bisnis laundry Anda. Sangat mudah, persiapkan device Anda dan ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Buka Profil Google Business.
- Klik “Kelola Sekarang”.
- Buat profil Anda. Isi kolom “Nama Bisnis” dan “Kategori Bisnis”. Untuk kolom “Kategori Bisnis”, ketik “Laundry” atau “Layanan Binatu”, mana saja yang sesuai untuk toko Anda. Klik “Berikutnya”.
- Isi alamat bisnis Anda.
- Jawablah jika Anda menyediakan layanan pengantaran atau kunjungan ke rumah dan kantor. Jika Anda memiliki bisnis penjemputan dan pengantaran, pilih “Ya”.
- Tambahkan informasi kontak Anda: nomor telepon terbaik untuk bisnis Anda dan URL situs web jika ada.
- Pilih apakah Anda menginginkan pembaharuan dan rekomendasi dari Google untuk bisnis Anda.
- Verifikasi bisnis Anda: masukkan nama Anda dan Google akan mengirimkan kartu pos dengan kode verifikasi ke alamat yang Anda berikan. Proses ini dapat memakan waktu hingga lima hari. Sementara Anda menunggu kode verifikasi sampai, Anda dapat lanjut melengkapi profil.
- Tambahkan jam kerja Anda. Klik tab pada hari Anda buka dan isi waktu yang sesuai.
- Pilih apakah Anda ingin menambahkan pesan ke akun Anda. Pesan adalah fitur yang bagus untuk berkomunikasi dengan pelanggan.
- Tambahkan pula deskripsi bisnis Anda. Pastikan untuk menyertakan apa yang ditawarkan oleh bisnis laundry Anda, apa yang membedakan Anda dengan bisnis laundry lokal lainnya, dan hal lain yang dapat membantu pelanggan Anda.
- Tambahkan foto. Saat menambahkan foto, pastikan untuk menyertakan foto berkualitas tinggi untuk membedakan Anda dari pesaing. Foto yang bagus akan memberikan kesan pertama yang baik.
- Pilih apakah Anda ingin mulai beriklan sekarang atau tidak. Untuk saat ini, Anda bisa melewatkan langkah ini dan kembali lagi setelah Anda membuat rencana periklanan.
- Jika Anda belum memiliki situs web, Google akan memberikan opsi untuk membeli domain dari mereka pada langkah ini. Anda juga dapat melewati langkah ini.
- Langkah terakhir menginformasikan bahwa setelah Anda diverifikasi, pelanggan akan mulai melihat bisnis Anda.
Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, Anda akan secara resmi membuat Profil Google Business. Menyiapkan profil ini sangat penting untuk bisnis laundry.
Profil ini memungkinkan Anda untuk mengontrol keberadaan online Anda, memberikan wawasan pelanggan, memudahkan pelanggan untuk menghubungi Anda, dan masih banyak lagi. Jadi, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah sederhana yang disediakan untuk menyiapkan akun Anda hari ini.
2. Menerapkan Search Engine Optimization (SEO)
Bisnis laundry merupakan jasa yang melayani radius geografis tertentu sehingga sangat bergantung pada pelanggan lokal. Itulah mengapa strategi promosi SEO akan sangat menguntungkan bagi pemilik bisnis laundry, khususnya SEO lokal.
Di internet, 46% orang mencari sesuatu yang bersifat lokal, mereka akan mengetik semacam “laundry di dekat saya”, “laundry area Jogja”, atau “laundry express Jogja.” Dan jenis pencarian seperti inilah yang, jika Anda dapat memastikan bisnis laundry Anda berada di hasil pencarian teratas, akan memiliki tingkat konversi yang tinggi untuk pelanggan baru.
Saat menerapkan strategi SEO lokal, bisnis laundry dapat mengembangkan beberapa indikator lokasi untuk dibaca oleh mesin pencari. Setelah mesin pencari membaca sebuah bisnis dan mengidentifikasinya di lokasi tertentu, mesin pencari dapat mulai menampilkan bisnis tersebut dalam pencarian lokal.
Berikut ini adalah langkah strategi promosi laundry dengan SEO:
- Pahami area pencarian Anda sebelum terjun dan mengoptimalkan situs web Anda, penting untuk menentukan area pencarian yang tepat yang Anda inginkan untuk bisnis laundry. Kumpulkan daftar kueri penelusuran yang dilokalkan yang relevan dengan lokasi Anda, dan pastikan kueri tersebut terwakili dengan benar di seluruh situs Anda.
- Terapkan informasi kontak yang konsisten seperti: nama, alamat, dan nomor telepon bisnis Anda harus konsisten di seluruh situs web Anda dan harus dicantumkan di suatu tempat (biasanya di bagian footer) di setiap halaman situs Anda.
- Optimalkan konten web Anda dengan membuat “halaman lokasi” di situs web Anda untuk setiap lokasi laundry, dan pastikan untuk menyebutkan lokasi Anda di seluruh situs sebagaimana mestinya.
- Tingkatkan keterbacaan web Anda dengan menambahkan informasi lokal ke situs. Pastikan tautan internal di seluruh situs Anda tidak sembarangan, optimalkan konten Anda untuk aksesibilitas, dan buatlah situs Anda enak dibaca di smartphone.
3. Strategi Promosi Laundry Melalui Sosmed
Cobalah untuk terhubung dengan pelanggan melalui sosmed. Platform seperti Facebook, Twitter, dan Instagram menawarkan kesempatan untuk berbagi foto dan informasi bisnis laundry Anda seputar penawaran spesial, layanan baru, atau acara mendatang. Dengan sosmed, Anda juga dapat menyapa pelanggan, menanggapi pertanyaan, atau menjawab keluhan pelanggan.
Dengan meluangkan waktu untuk membuat konten yang menarik, Anda dapat menjangkau audiens yang luas dan membangun hubungan baik dengan pelanggan potensial atau pelanggan saat ini. Ada beberapa laundry yang memanfaatkan sosmed untuk mempromosikan perusahaan mereka, memamerkan tim mereka, dan mengkonversi penjualan dari klien ideal mereka.
4. Strategi Promosi Laundry Dengan Diskon Dan Promosi
Di pasar global yang kompetitif seperti saat ini, konsumen selalu mencari cara untuk menghemat uang. Dengan menawarkan diskon, Anda akan memikat pelanggan, dan membuat mereka mencoba laundry Anda.
Diskon dan promosi penjualan tidak hanya akan meningkatkan basis pelanggan Anda, tetapi juga dapat digunakan sebagai alat untuk strategi promosi. Jika dilakukan dengan benar, diskon dan promosi dapat menjadi strategi promosi ampuh yang akan membantu Anda mencapai tujuan bisnis.
Anda dapat menerapkan 5 diskon dan promosi laundry berikut ini:
- Adakan kontes media sosial. Ajak pelanggan Anda untuk memotret cucian mereka dan menggunakan tagar tertentu. Orang dengan foto paling kreatif akan memenangkan diskon.
- Tawarkan program loyalty. Berikan pelanggan Anda kartu yang dapat diberi cap setiap kali mereka mencuci pakaian di binatu Anda. Setelah sekian cap, mereka akan mendapatkan diskon pada kunjungan berikutnya.
- Berikan potongan harga untuk referensi. Tawarkan diskon kepada pelanggan Anda jika mereka mereferensikan teman atau anggota keluarga ke laundry Anda. Kerahkan tenaga penjualan pelanggan Anda di komunitas untuk mengembangkan bisnis Anda lebih cepat.
- Adakan hari promosi khusus. Pilih satu hari setiap minggu atau bulan ketika Anda menawarkan diskon. Anda dapat menamainya “Discount Day” di mana semua cucian didiskon 10% atau “Cuci Massal!” di mana pelanggan menerima diskon untuk mencuci banyak cucian sekaligus.
- Berikan barang gratis dengan pembelian. Sertakan barang promosi kecil (seperti tas cucian atau sampel deterjen) dengan setiap pembelian yang dilakukan di laundry Anda. Anda juga dapat menawarkan cuci gratis secara berkala atau ketika kriteria tertentu terpenuhi oleh pelanggan.
Strategi promosi di atas beserta langkah-langkah akan membantu bisnis laundry Anda berkembang pesat. Semoga setiap strategi tersebut dalam diterapkan dan memberikan hasil yang baik. Temukan informasi bisnis menarik lainnya di website kami. Terima kasih.