Fungsi Iklan dalam Pemasaran Bisnis?

//

Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, produk jadi, dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat. Adapun Fungsi iklan sendiri adalah dari segi perusahaan komersial untuk menjual barang dan jasa. Sedangkan dari segi perkantoran untuk merekrut karyawan. Serta dari segi pemerintah untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.

Diera post truth seperti sekarang ini yang kemudian juga di tambah dengan terjadinya perubahan besar-besarsan basis bisnis dari bisnis kepemilikan kepada bisnis berbagi, hal itulah yang sering di sebut sebagai disruption oleh para ahli. Dengan kondisi fakta yang demikian tentunya para pelaku bisnis atau usaha atau apapun genre aktifitas yang Anda lakoni sebagian besar tidak bisa di pisahkan dengan kemajuan dan perkembangan zaman. Iklan di media-media yang berkembang sekarang menjadi sebuah prospek yang sangat bagus dalam jangka panjang, bukan hanya iklan yang bersifat papan reklame atau tulisan di majalah majalah, koran dan sebagainya, tapi sudah menjamur ke arah yang lebih mobile dan serba digital sekarang ini.

Fungsi Iklan Untuk Pemasaran

Dalam semua hal bukan hanya berbisnis, kegiatan pemasaran itu menjadi sebuah elemen yang cukup fundamen untuk di pertimbangkan dan di perhatikan oleh semua pihak yang ingin aktifitasnya di ketahui oleh pihak lain, baik untuk kepentingan ekonomi, kepentingan sosial, atau kepentingan edukatif dan bisa juga kegiatan penyampaian informasi tanpa tujuan tertentu. Nah khusus bagi Anda yang bergerak di bidang bisnis atau Anda sebagai pengusaha sangat menarik sekali jika mengetahui terlebih dahulu apa yang dapat Anda dapatkan ketika melakukan kegiatan pemasaran menggunakan periklanan, berikut kami rangkumkan beberapa fungsi dari kegiatan iklan yang bisa membantu Anda dalam maksimalisasi penjualan produk atau jasa yang Anda dimiliki.

1. Memberi Informasi

Informasi adalah pesan atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang yang bertujuan untuk membuat konsumen sadar akan merek suatu produk dan membantu membangun citra yang positif dari merek tersebut.

Informasi adalah bagian penting dalam proses pemasaran
Information system ilustrastion, sumber: accounting.binus.ac.id

2. Mempersuasi

Persuasi adalah komunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang lain. Melalui persuasi setiap individu mencoba berusaha mempengaruhi kepercayaan dan harapan orang lain. Iklan yang efektif memiliki bertujuan untuk meyakinkan pelanggan agar mau mencoba produk yang ditawarkan.

3. Mengingatkan

Periklanan tidak hanya sekedar aktivitas biasa. Tetapi juga sarana untuk meningkatkan image sebuah produk dan perusahaan secara keseluruhan pada benak konsumen, sehingga timbul rasa percaya kepada Anda. Bagaimana caranya agar masyarakat menganggap bahwa merekalah yang terbaik. Tidak ada yang lainnya. Hal ini dilakukan agar merek suatu produk tersebut terus diingat oleh masyarakat.

4. Memberikan Nilai Tambah

Memberikan nilai tambah bagi merek dengan mempengaruhi pandangan konsumen. Iklan yang efektif dapat memengaruhi konsumen untuk melihat produk tersebut menjadi lebih elegan, modis, bergengsi, dan lebih unggul dari produk pesaing. Sebab nilai adalah alat yang menunjukkan alasan dasar bagi para pengguna bahwa cara pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara sosial dibandingkan cara pelaksanaan atau keadaan akhir yang berlawanan. Nilai memuat elemen pertimbangan yang membawa ide-ide seorang individu mengenai hal-hal yang benar, baik, atau diinginkan.

Baca juga: Tips penentuan titik pasang papan reklame strategis

5.Mendampingi

Maksud dari fungsi mendampingi adalah iklan dapat digunakan sebagai alat komunikasi untuk memulai kegiatan promosi. Komunikasi aktif merupakan suatu proses komunikasi yang berlangsung dengan aktif antara komunikator dengan komunikan, di manan antara keduanya sama-sama aktif berkomunikasi, sehingga terjadi timbal balik di antara keduanya baik dalam dunia bisnis maupun dunia sosialnya.

fungsi iklan adalah mendampingi para konsumen dalam proses edukasi mengenai produk aau jasa yang Anda tawarkan.
Ilustrasi pemasaran digital,sumber: seoanaksholeh.com

Jenis Jenis Iklan

Setelah Kita mengetahui kenapa harus menggunakan periklanan dalam pemasaran produk atau jasa, penting juga kiranya mengetahui hal yang berkaitan dengan periklanan, yakni jenis jenis iklan itu seperti apa. Harapanya agar kita semakin paham menggunakan model iklan yang mana yang relevan dengan bidang yang sedang atau akan kita geluti. Berikut beberapa jenis iklan yang bisa Anda dalami secara mandiri.

1. Iklan Secara Umum

Iklan tanggung jawab sosial, yaitu iklan yang dirancang untuk menyebarkan informasi dan memiliki sifat untuk mendidik agar masyarakat memiliki tanggung jawab atas suatu masalah sosial. Iklan bantahan, yaitu iklan yang disampaikan melalui media dan bertujuan untuk membantah/ menyangkal suatu tuduhan yang tidak benar. Iklan ini bertujuan untuk memperbaiki citra produk tersebut.

Iklan pembelaan, merupakan kebalikan dari iklan bantahan. Iklan ini bertujuan untuk mendapatkan simpati publik. Iklan perbaikan, iklan yang digunakan untuk memperbaiki pesan-pesan yang salah dan sudah terlanjur disebarluaskan melalui media. Iklan keluarga, iklan yang berisikan pesan-pesan tentang seputar keluarga.

2. Iklan Secara Khusus

Iklan cetak, yaitu iklan yang dipasang dan dibuat menggunakan teknologi cetak. Contohnya yaitu surat kabar, baliho, poster, spanduk, dan lain sebagainya. Iklan baris, adalah iklan yang terdiri beberapa baris kata atau kalimat saja. Iklan ini biasa ditemukan di koran. Iklan kolom, iklan ini memiliki lebar satu kolom namun lebih tinggi dibandingkan iklan baris. Contoh dari iklan ini adalah iklan kolom adalah advertorial. Iklan display, merupakan iklan yang lebih luas dari iklan iklan kolom dalam menampilkan sesuatu. Contoh iklan display yaitu iklan radio dan iklan televisi.

Iklan di bedakan menjadi dua jenis
Ilustrasi grafik pemasaran, sumber: tarahap.xyz

Demikianlah beberapa hal penting fungsi iklan yang bisa kami tuliskan untuk pembaca, semoga tulisan singkat ini bisa memantu Anda dalam memahai pentingnya iklan dalam proses pengembangan bisnis di era sekarang ini, nantikan tulisan menarik lainnya pada segmentasi mendatang.

Leave a Comment