Biasanya papan reklame atau billboard lebih banyak kita jumpai di jalan raya kota-kota besar. Jenisnya pun bermacam-macam, ada yang berdiri sendiri dengan menggunakan tiang penyangga adapula yang menempel pada sisi sebuah gedung atau bangunan. Pada beberapa titik atau area tertentu, tidak jarang kita melihat terdapat lebih dari dua papan reklame dan posisinya pun saling berdesakan. Ukuran dan bentuknya juga beragam, ada yang sangat besar dan mudah terlihat dari jarak jauh ada juga yang berukuran kecil dan seringkali terlewati begitu saja.
Dengan berbagai macam varian dan letak papan reklame di kota tadi, sebenarnya papan reklame atau billboard seperti apa yang baik dan efektif untuk memasang beriklan? Karena biaya yang dibutuhkan untuk beriklan di media luar ruang seperti billboard atau media reklame juga relatif tinggi, tentunya kalian ingin beriklan di lokasi yang strategis dan juga efektif bukan? Tenang, kami bagi tipsnya untuk kalian semua, disimak baik-baik ya guys.
Kelebihan Pasang Papan Reklame
Meski efektif, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan perhatikan jika kamu berencana untuk menggunakan papan reklame sebagai media iklan dan promosi untuk beragam jenis kepentinganmu. Ya, walaupun efektif, iklan dan promosi menggunakan media cetak papan reklame tetap memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat memunculkan sebuah resiko. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan papan reklame sebagai media iklan dan promosi yang bisa kamu pelajari dan telaah lagi dari poin-poin berikut ini.
1. Harga yang Murah
Membuat sebuah papan periklanan untuk media promosi iklan memang punya harga yang beragam. Namun jika diperhitungkan secara lebih rinci, papan reklame memiliki harga yang lebih murah dibandingkan media promosi iklan cetak lainnya.
2. Tahan Lama
Papan reklame juga biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan lebih bertahan lama di segala kondisi suhu maupun cuaca. Tentu papan reklame ini sangat cocok untuk dipilih kalau kamu berniat mencari media promosi iklan cetak, yang dapat bertahan untuk jangka waktu lama dan jangkauan yang luas.
3. Mudah Dipasang dan Diganti
Meski berukuran besar dan punya sistem pemasangan yang khusus, papan reklame lebih mudah untuk dipasang dibandingkan dengan media promosi iklan cetak berukuran besar lainnya. Jika perlu baru, bisa kontak bengkel las terdekat Anda untuk membantu membuatkannya.
Kekurangan Pasang Papan Reklame
Setiap produk memang memiliki kelebihannya masing-masing, sebaliknya juga memiliki kekurangan pada beberapa aspek, berikut 2 hal yang menjadi aspek kekurangan yang akan Anda dapatkan untuk pasang papan reklame.
1. Pengurusan Pajak Reklame
Kekurangan papan reklame yang pertama adalah sistem perizinan dan pengurusan pajak dengan regulasi yang cukup rumit. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan menyewa jasa atau meminta bantuan seseorang yang sangat mengerti tentang regulasi tersebut.
2. Rentan Mengalami Vandalisme
Di letakan di wilayah yang strategis dan sering dilalui oleh banyak orang, membuat media papan reklame menjadi rentan dan seringkali jadi sasaran empuk para pelaku vandalisme yang sering merusak karya dan properti umum. Mulai dari mencoret-coret hingga dirusak.
Titip Strategis Pasang Papan Reklame
Pada umumnya orang memasang iklan, baik pada media cetak online maupun papan reklame adalah untuk memaksimalisasi penjualan atau menyebarluaskan konten dari apa yang di iklankan.
1. Eksposur Media
Pilih lah titik reklame yang tegak lurus dengan arah pandang audiens. Audiens reklame yaitu pengguna jalan raya yang mayoritas menggunakan kendaraan, baik itu kendaraan roda dua atau roda empat, tentu fokus utamanya pada jalan di depannya atau pada arah kemana kendaraan itu bergerak. Berdasarkan laporan studi literatur dari ADVERTS (Assessing Distraction of Vehicle drivers in Europe from Roadside Technology-base Signage), bahwa fokus pengendara kendaraan terlihat seperti pada ilustrasi di atas.
Semakin ketengah fokus pengendara semakin terpaku, dan kecenderungan pemindaian penglihatan pengemudi secara horizontal. Maka media yang paling efektif ialah yang tegak lurus dengan arah pandang pengendara kendaraan. Karena pengendara lebih mudah dan cepat mengenali obyek yang berada di depannya sehingga iklan kalian lebih berpeluang untuk terlihat.
2. Ukuran Media
Jarak pandang audiens dengan media reklame menjadi faktor penentu efektivitas iklan berikutnya. Ukuran media harus cukup besar agar dapat terlihat dari jarak optimum audiens. Ketajaman penglihatan normal manusia menurut snellen chart yaitu 20/20, artinya obyek yang dapat terlihat optimum dalam jarak 20 kaki atau 6 meter.
Pilih lah ukuran media yang proporsional atau sesuai dengan jarak pandang audiens. Ukuran media yang cukup besar tentu lebih mudah terlihat dan menarik perhatian audiens.
3. Posisi Media
Perhatikan kecepatan lalu lintas kendaraan di lokasi yang kalian pilih. Tentu kalian ingin pesan pada iklan kalian tersampaikan dengan baik bukan. Pada kondisi lalu lintas yang lengang, laju kendaraan cenderung lebih cepat sehingga tidak cukup waktu untuk membaca pesan pada iklan di reklame.
Pilih lah reklame yang terletak di lokasi yang berpotensi memperlambat atau bahkan menghentikan laju kendaraan. Lokasi seperti persimpangan jalan, penyempitan jalan (bottle neck), atau pintu masuk sebuah kawasan atau fasilitas publik. Karena biasanya pada lokasi-lokasi tersebut terjadi penurunan laju kendaraan karena adanya lampu pengatur lalu lintas atau karena kepadatan akibat penumpukan kendaraan yang terjadi di lokasi tersebut.
4. Densitas Lokasi
Pernah lihat kondisi papan reklame seperti gambar dibawah ini? Meski hampir seluruh aspek di atas sudah terpenuhi namun dengan terlalu banyaknya jumlah papan reklame atau billboard di satu titik yang sama membuat pesan iklan akan sulit tersampaikan.
Karena pemandangan audiens dipenuhi dengan papan reklame lain sehingga informasi yang diterima beragam dan bercampur dengan informasi dari masing-masing media tersebut hal ini disebut dengan kekacauan visual.
5. Visibilitas Media
Agar dapat terlihat secara optimum faktor berikutnya adalah distraksi atau penghalang media dengan audiens. Perhatikan obyek lain disekitar media reklame seperti bangunan, pohon, tiang listrik, lampu penerangan jalan, atau lampu pengatur lalu lintas. Keberadaan benda atau obyek tadi dapat menjadi faktor penghalang visual ketika posisinya berada di depan media reklame.
Demikian artikel mengenai tips penentuan titik pasang papan reklame strategis khusus untuk Anda yang memang bersinggungan dengan dunia bisnis yang mau tidak mau harus melirik jasa periklanan. Reklame jogja pun menawarkan jasa yang sama bagi Anda, jika tertarik bisa meghubungi kontak yang tertera.