Dewasa ini media sosial seperti instagram, twitter, maupun tiktok dimanfaatkan untuk keperluan bisnis. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan dan mengembangkan sebuah bisnis, salah satunya yaitu dengan tiktok marketing. Strategi tersebut bisa dicoba untuk up selling produk maupun layanan yang Anda miliki.
Dengan media sosial seperti tiktok ini Anda bisa memanfaatkannya untuk menjangkau lebih banyak pasar. Strategi yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membuat konten-konten yang menarik melalui media sosial tersebut untuk kemudian di share kepada follower maupun audiens.
Strategi Tiktok Marketing Ampuh
Anda bisa membuat konten relevan saat ini sebagai salah satu cara pemasaran digital. Dengan hal itu tentunya akan menarik lebih banyak banyak audiens, sehingga produk atau layanan pada bisnis Anda bisa mengalami peningkatan penjualannya. Berikut dibawah ini strategi-strategi tiktok marketing yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis.
1. Mempelajari Cara Kerja Tiktok
Sebelumnya Anda harus paham terlebih dahulu platform satu ini. Tiktok merupakan platform atau aplikasi untuk membagikan video y berdurasi 15 detik dan 60 detik. Namun, saat ini video bisa berdurasi lebih panjang dengan diedit terlebih dahulu pada aplikasi edit video. Hal tersebut salah satu cara efektif yang bisa dilakukan untuk promosi bisnis Anda.
Anda bisa berkreasi membuat video dengan menambahkan pilihan musik, filter, maupun efek yang tentunya akan lebih menarik perhatian dari follower maupun audiens. Semakin banyak audiens yang menanggapi video Anda dengan memberikan komentar, like, atau share maka akan memiliki peluang video dipromosikan oleh tiktok.
2. Tentukan Tujuan yang Selaras dengan Bisnis Anda
Apabila anda menginginkan strategi pemasaran dengan tiktok marketing, sebaiknya tentukan tujuan yang selaras terlebih dahulu apakah relevan dengan bisnis Anda. Seperti halnya audiens baru yang akan menjadi sasaran, meningkatkan citra merek pada bisnis Anda, atau mempromosikan mengenai kesadaran produk kepada konsumen.
Anda bisa menggunakan rumus seperti ini untuk menentukan tujuan diantaranya spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan juga tepat waktu. Selain itu Anda juga bisa mengecek perkembangan video Anda melalui analytic yang disediakan tiktok untuk akun bisnis.
3. Menentukan Target Audiens
Setelah mengerti mengenai tujuan pembuatan konten, Anda juga perlu mengetahui audiens yang akan menjadi target. Sehingga Anda perlu mempelajarinya melalui demografi yang ada pada tiktok kemudian dilanjutkan dengan mengidentifikasi siapa yang tertarik dengan produk maupun brand yang Anda miliki.
Selain itu, Anda juga harus bisa meluangkan waktu untuk mengidentifikasi audiens lain pada platform selain tiktok untuk mengetahui karakter mereka. Perlu diketahui, Anda tidak boleh menganggap remeh audiens baru maupun audiens yang tidak terduga, yang mana mereka bisa jadi memiliki minat atau ketertarikan pada brand maupun produk Anda.
4. Buat Konten yang Menarik
Strategi marketing yang Anda bisa lakukan untuk meningkatkan penjualan yaitu dengan membuat konten yang menarik pada platform tiktok. Anda harus mengetahui mengenai konten seperti yang disukai oleh audiens Anda. Dengan hal itu, perlunya untuk melakukan penentuan ide yang akan dijadikan konten video.
Anda bisa melakukan pencarian mengenai keyword populer pada saat itu dengan menggunakan tools berupa Ahrefs maupun Ubersuggest. Keyword tersebut yang akan dijadikan sebagai kata kunci untuk pembuatan video pada konten. Banyak sekali ide konten seperti tutorial, produk review, produk launching, atau dengan hashtag konten.
5. Menggunakan Hashtag untuk Konten Video
Selain dengan konten menarik yang dibuat untuk strategi tiktok marketing, Anda juga bisa menambahkan hashtag pada video yang akan diunggah. Hal tersebut akan menjadi rujukan untuk pengguna yang lain melalui rekomendasi video dari Anda. Tak hanya itu, dengan hashtag juga mampu meningkatkan engagement rate pada tiktok.
Cara ini bisa Anda lakukan ketika setiap kali konten kreator mengupload konten video pada tiktok Anda. Anda tidak bisa menggunakan hashtag secara sembarangan, namun gunakanlah hashtag yang sesuai atau relevan dengan tema konten video tiktok Anda.
6. Gunakan Jasa Influencer Marketing
Cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan menggunakan jasa influencer marketing. Influencer marketing ini akan memasarkan produk dengan cara mengenalkan produk Anda kepada para follower maupun pengikut pada akun tiktoknya.
Karenanya banyak dari pemilik bisnis mempercayakan kepada influencer untuk memasarkan brand maupun produk pada bisnisnya. Dari situ perusahaan akan mengalami peningkatan pada penjualan produknya serta meningkatkan pula brand awareness. Perlu digaris bawahi, Anda harus bisa memilih influencer mana yang sesuai dengan target konsumen atau audiens.
7. Maksimalkan Tiktok Ads
Tak hanya menggunakan jasa influencer untuk tiktok marketing, Anda juga bisa memaksimalkan pemasaran produk dengan tiktok ads. Fitur yang disediakan oleh tiktok ini memiliki fungsi untuk menjangkau lebih banyak follower maupun audiens yang mana dengan melalui iklan berbayar.
Prinsip kerja dari tiktok ads ini sama dengan platform instagram ads maupun facebook ads. Iklan yang dibuat akan ditampilkan kepada audiens sesuai dengan minat pada bisnis Anda. Sehingga, perlu untuk melakukan penargetan minat dan juga penargetan perilaku. Untuk caranya yaitu bisa Anda simak di bawah ini:
- Menentukan tujuan Anda
- Selanjutnya pilih target audiens Anda
- Atur budget atau anggaran yang ingin dikeluarkan
- Mulai membuat konten iklan Anda
Dengan menggunakan strategi marketing tiktok yang ada di atas, Anda akan mampu meningkatkan penjualan produk pada bisnis Anda dan juga meningkatkan brand awareness. Selain informasi mengenai digital marketing, Anda juga bisa melihat artikel menarik dan informatif lainnya pada website ini www.adverta.id.