Ini Dia Deretan Logo Termahal Di Dunia, Salah Satunya Ada Di Indonesia

//

Seluruh perusahaan yang ada di dunia ini pastinya memiliki logo. Logo juga merupakan bagian terpenting dan menjadi strategi branding. Dan yang sering menjadi pertanyaan banyak orang adalah berapa sih harga pembuatan logo ini. Di internet khususnya di media sosial Anda akan menentukan harga dari yang termurah hingga logo termahal di dunia.

Dan ada beberapa perusahaan yang bersedia membayar logo dengan harga yang mahal atau tidak masuk akal. Adanya logo perusahaan ini akan membantu orang untuk selalu mengingat dan juga dapat meningkatkan penjualan. Logo perusahaan juga biasanya akan diposting di platform, dicetak di kemasan ataupun akan dicetak untuk kegiatan promosi.

Tidak heran, jika banyak perusahaan yang rela membayar mahal untuk memperoleh logo yang keren dan juga diakui oleh banyak orang. Nah, artikel ini akan membahas mengenai deretan logo termahal yang ada di dunia.

Logo Termahal Di Dunia

Seperti yang kita tahu, logo digunakan perusahaan untuk meningkatkan branding dan juga penjualan. Namun dalam pembuatan logo, Anda juga harus memperhatikan unsur-unsur logo agar mampu mewujudkan tujuan tersebut. 

Hal tersebut yang membuat banyak perusahaan rela membayar logo dengan harga yang tidak masuk diakal. Yuk mari kita simak, perusahaan apa saja yang memiliki harga logo termahal di dunia. 

1. Pertamina

Ini Dia Deretan Logo Termahal Di Dunia, Salah Satunya Ada Di Indonesia
Logo Pertamina. Sumber: Pinterest.com

Siapa sangka, ada perusahaan di Indonesia yang memiliki logo termahal, perusahaan tersebut adalah Pertamina. Pertamina mengubah logo tersebut pada akhir tahun 2005, logo ini diganti setelah digunakan selama 35 tahun. Pertamina juga tidak main-main untuk mengganti logo tersebut.

Pertamina mengeluarkan biaya sebesar 4 miliar atau sebesar USD 350.000 hanya untuk mengganti logo dengan desain berbentuk huruf P. Namun, dengan mengganti logo tersebut pertamina lebih mudah untuk dikenal. 

Selain itu, logo tersebut dapat membuat perusahaan tersebut tidak mudah kehilangan identitas meskipun memiliki ukuran kecil dan dapat diletakkan di berbagai tempat.

2. British Petroleum Atau BP

Ini Dia Deretan Logo Termahal Di Dunia, Salah Satunya Ada Di Indonesia
Logo British Petroleum (BP). Sumber: Pinterest.com

Saat ini siapa sih yang tidak tau British Petroleum? Khususnya di daerah Jabodetabek, pastinya sudah mengenal perusahaan yang menjadi pemain utama dalam perdagangan BBM dan gas ini. Tidak sedikit orang yang mengenal perusahaan ini dengan sebutan BP. 

Perubahan unik pada logo tersebut, ternyata sukses untuk membawa BP rebranding setelah merger dengan Amoco. Logo BP yang berbentuk perisai tersebut menjadikan logo lebih seperti bunga Matahari. Proses rebrandingnya ini juga merogoh kocek yang cukup dalam yaitu 7 juta USD. 

Namun, BP melakukan rebranding lagi pada tahun 2008 yang menghabiskan biaya sebanyak 211 juta USD atau lebih dari 3 triliun rupiah. Perubahan logo ini tentunya memiliki tujuan yaitu untuk selalu berkomitmen untuk menjaga image perusahaan sebagai perusahaan yang selalu konsisten dalam menetapkan tujuan jangka panjang yaitu “eco-friendliness’’.

Logo perusahaan ini juga mirip dengan bunga matahari dan memiliki tanda Helios atau simbol Dewa Matahari Yunani serta memiliki warna kontras gradasi, yaitu warna hijau hingga kuning. Perusahaan BP ini menyatakan bahwa BP fokus pada eco-friendly dan merefleksikannya dengan usaha dalam mengurangi jejak karbon.

3. Accenture

Ini Dia Deretan Logo Termahal Di Dunia, Salah Satunya Ada Di Indonesia
Logo perusahaan Accenture. Sumber: Pinterest.com

Perusahaan Accenture dulunya merupakan bagian dari firma akuntan Arthur Andersen. Dan saat ini Accenture adalah perusahaan konsultasi teknologi. Kemudian, ada banyak masalah internal yang membuat perusahaan ini memutuskan untuk berpisah dari Arthur Andersen dan menjadi perusahaan mandiri.

Saat ini Accenture menjadi salah satu perusahaan konsultan teknologi yang ternama, bahkan Accenture juga berhasil menjadi 91 perusahaan terbesar dalam Fortune 100 (Forbes) sebagai kliennya. Artinya, perusahaan ini memiliki lebih dari 90% klien perusahaan besar yang memilih untuk menggunakan jasa Accenture.

Tentu saja perusahaan yang satu ini memiliki pendapatan yang sangat besar dan membuat Accenture ini rela menggelontorkan biaya hingga 100 juta USD hanya untuk melakukan rebranding. Accenture menambahkan aksen dan juga tanda di logonya, tentunya perusahaan ini juga menggunakan strategi corporate branding.

4. Posten Norge

Selanjutnya adalah perusahaan yang bergerak dibidang logistic yaitu Posten Norge. Perusahaan ini merupakan perusahaan postal service yang berasal dari Norwegia yang kemudian melakukan rebranding penuh pada tahun 2008. 

Dalam membuat logo rebranding ini Posten Norge menyatakan bahwa perusahaan menghabiskan dana sebesar 300 ribu kroner Norwegia atau setara dengan $55 juta USD.Logo baru ini terlihat lebih menarik dan modern.

Logo ini memiliki penandaan huruf yang semuanya huruf lowercase dan ikon logo yang berbentuk bola. Bentuk logo tersebut dapat merepresentasikan jangkauan Posten Norge secara global.

5. Citibank

Ini Dia Deretan Logo Termahal Di Dunia, Salah Satunya Ada Di Indonesia
Logo Citibank pada gedung kantornya. Sumber: Pinterest.com

Bank yang satu ini melakukan reformasi besar-besaran dan skema reformasi ini juga sudah dianggarkan sebesar 10 juta USD. Dan dana sebesar 1,5 juta USD ini adalah untuk rebranding dan sisanya untuk campaign marketing. Pembuatan logo ini dikerjakan oleh firma desainer ternama yaitu Pentagram.

Pentagram dapat membuat logo yang sangat menggambarkan kekuatan perusahaan Citibank, yaitu sebagai perusahaan bank yang terpercaya dan aman. Pembuatan logi ini juga memiliki kisah yang cukup unik.

Awalnya desainer logo tersebut menggambar sketsa logo di kain lap dan membuat Citibank tidak ingin membayar mahal logo yang dibuatnya. Tapi kemudian Citibank sepakat dan mengadopsi logo barunya dan masih digunakan sampai saat ini.

6. BBC 

Ini Dia Deretan Logo Termahal Di Dunia, Salah Satunya Ada Di Indonesia
Logo BBC. Sumber: Pinterest.com

Perusahaan BBC atau British Broadcasting Company merupakan perusahaan media yang berasal dari inggris dan sumber utama bagi orang-orang Inggris untuk mencari informasi yang kredibel. Perusahaan ini rela membayar 1,8 USD untuk logo berbasis blok yang diisi tulisan sederhana.

Padahal jika dilihat dengan seksama, logo rebranding BBC tidak berbeda jauh dengan sebelumnya. Yang membuat berbeda adalah logo tersebut terlihat lebih modern dan tulisan yang ada di dalam kotak hanya diperkecil sehingga ada kesan elegan.

Nah itu dia informasi yang dapat kami bagi mengenai deretan logo termahal di dunia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment