Di zaman digital yang semakin maju, logo menjadi salah satu elemen penting dalam membangun identitas merek yang kuat. Logo tidak hanya berfungsi sebagai representasi visual merek Anda, tetapi juga dapat mempengaruhi persepsi dan daya tarik pelanggan. Jika Anda seorang pemula yang ingin membuat logo sendiri, maka Anda harus mengikuti langkah-langkah membuat logo untuk pemula. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan dapat menciptakan logo yang menarik dan berkesan bagi bisnis Anda.
Langkah-Langkah Membuat Logo Bagi Pemula
Bagi Anda yang baru menjalankan bisnis atau baru membuat nama bisnis Anda, ini dia cara membuat logo yang bisa Anda ikuti.
1. Langkah-Langkah Membuat Logo: Persiapan dan Riset
Pada tahap ini, Anda harus mempersiapkan berbagai keperluan untuk membuat logo. Hal yang paling penting dari langkah-langkah membuat logo adalah riset mengenai logo yang cocok untuk bisnis Anda. Dengan riset yang Anda lakukan, Anda bisa mengetahui lingkungan industri dan tempat bisnis Anda berkembang.
Riset yang Anda lakukan meliputi riset mengenai usaha dan perusahaan Anda agar Anda tahu gambaran logo nantinya. Selain itu, riset kompetitor juga perlu agar Anda bisa membuat logo yang berbeda dari kompetitor. Riset ini akan membantu Anda menemukan gambaran logo yang berbeda dengan kompetitor namun mudah diingat oleh para konsumen.
Nah, jika Anda memiliki corporate branding dan ingin membuat brand untuk produk tertentu, maka Anda harus bisa membawa janji dari corporate branding tersebut. Menjaga janji dari corporate branding sangat penting karena corporate branding mempengaruhi semua brand-brand di bawahnya.
2. Mengidentifikasi Tujuan dan Pesan Merek Anda
Anda harus tahu tujuan besar atau visi dari bisnis Anda. Dengan mengetahui visi dari merek atau bisnis Anda, maka Anda lebih mudah membuat pesan yang bisa disampaikan melalui logo. Mengidentifikasi tujuan dan pesan merek Anda merupakan salah satu dari langkah-langkah membuat logo terbaik untuk bisnis Anda. Identifikasi tujuan dan pesan merek juga sangat berguna ketika Anda ingin membuat rebranding produk tertentu.
Pesan ini sangat penting agar para konsumen mengetahui tujuan bisnis Anda dan agar konsumen merasa bahwa bisnis Anda memiliki dampak baik untuk mereka. Perlu Anda ketahui, brand logo sangat penting untuk menyampaikan pesan dan janji kepada konsumen.
3. Mencari Inspirasi Desain dan Menentukan Desain Logo
Coba lakukan brainstorming bersama tim untuk menemukan gambaran yang lebih detail tentang logo yang akan Anda buat. Lakukan kegiatan ini dan Anda bersama tim Anda akan menemukan berbagai inspirasi desain logo yang menarik.
Mulai dengan brainstorming dan gambarkan berbagai tampilan visual logo dari Anda dan tim Anda. Buat sketsa awal dari berbagai ide yang telah didapatkan dari brainstorming. Sketsa ini bisa Anda dan tim Anda buat sebagus mungkin, tentunya dengan kreativitas yang tinggi.
Anda bisa menyaring berbagai desain konsep dari hasil brainstorming yang sudah ada dan menyaring gaya atau desain konsep yang paling sesuai dari sketsa-sketsa tersebut. Pastikan Anda mengedepankan pesan dan tujuan brand Anda ketika menyaring konsep desain logo ini. Ini bisa menjadi langkah-langkah membuat logo bersama tim Anda untuk mencapai kreativitas paling terbaik.
4. Pembuatan Logo dengan Software Desain
Setelah mendapatkan ide terbaik dari langkah-langkah membuat logo sebelumnya, Anda bisa mencoba untuk mengeksekusi pembuatan logo di software desain. Coba buat logo dengan baik di dalam software desain.
Di sini Anda bisa memberikan berbagai sentuhan estetis untuk memperindah logo yang Anda buat. Namun, jika Anda merasa hasil dari pembuatan logo secara digital ini kurang baik, Anda bisa mencoba memilih dari konsep sketsa lainnya. Tetap kedepankan tujuan dan pesan dari merek bisnis Anda ketika membuat logo ini.
Anda juga bisa mengeksplorasi variasi desain untuk logo Anda. Pasti tidak hanya satu desain yang bisa Anda buat di software desain ini. Kreativitas hampir tidak ada batasnya, sehingga Anda bisa membuat variasi desain logo Anda.
5. Mendapatkan Umpan Balik dan Evaluasi
Tentunya desain logo yang Anda buat dan pilih dari berbagai desain perlu adanya umpan balik. Langkah-langkah membuat logo tentunya harus memasukkan unsur evaluasi juga. Anda bisa mendapatkan berbagai umpan balik dari berbagai pihak. Anda juga bisa mendapatkan umpan balik dari pelanggan Anda.
Evaluasi desain logo yang sudah Anda buat berdasarkan umpan balik atau masukan-masukan dari berbagai pihak, terutama dari pelanggan Anda. Di sini Anda bisa menyesuaikan desain logo Anda agar lebih disukai para konsumen. Umpan balik sangat berguna agar logo Anda mudah diterima ketika diterbitkan.
6. Finalisasi dan Penggunaan Logo
Nah, setelah mendapatkan hasil akhir dari pembuatan logo, maka langkah-langkah membuat logo yang terakhir adalah finalisasi. Namun, sebelumnya Anda bisa membuat perlindungan hukum untuk logo yang Anda buat agar tidak ada yang mengambil atau merubah logo Anda.
Setelah itu, Anda bisa menerbitkan logo ini bersama pesan dan tujuan yang dibawa logo merek tersebut. Pengumuman ini sangat penting agar para konsumen mengenal logo Anda dengan baik. Pastikan ketika menerbitkan logo merek Anda, Anda bisa memenuhi janji bisnis Anda yang terkandung dalam tujuan dan pesan merek Anda.
Untuk pengaplikasian logo yang sudah final sendiri bisa dibilang sangat bergantung pada preferensi pemilik usaha. Logo bisa dimanifestasikan dalam bentuk spanduk, neon box, sampai dengan logo tembaga.
Di atas merupakan langkah-langkah membuat logo yang bisa Anda ikuti ketika Anda ingin membuat logo untuk merek bisnis Anda. Masih banyak informasi-informasi mengenai strategi pemasaran, iklan, dan mengenai bisnis yang bermanfaat untuk Anda. Ikuti terus informasi-informasinya bisnis dan marketing hanya di sini.