Faktor Kepuasan Pelanggan Sebagai Indikator Penting Dalam Berbisnis

//

Dalam menjalankan sebuah bisnis, maka tidak lepas dari pengaruh kepuasan konsumen atau pelanggan. Para pelaku bisnis harus paham betul apa saja faktor kepuasan pelanggan atau. Semakin puas pelanggan atau konsumen terhadap suatu produk atau layanan bisnis, maka akan semakin banyak pula para konsumen baru yang datang karena tingginya kepercayaan mereka terhadap sebuah bisnis. Tentu saja hal ini akan mampu mendatangkan keuntungan atau profit yang jauh lebih besar. 

Profit yang besar bukanlah satu-satunya tujuan yang menjadi prioritas utama. Namun, kepuasan konsumen yang terus ditingkatkan juga penting karena akan mempengaruhi peningkatan jumlah keuntungan secara tidak  langsung. Bahkan hasilnya akan sangat terasa disaat persaingan bisnis antar kompetitor sedang ketat. Maka dari itu, penting bagi para pelaku bisnis untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan para konsumen.

Ketika mengukur kepuasan, dalam sudut pandang para pelanggan pun pasti akan membandingkan dengan apa yang diterimanya dan harapannya disaat menggunakan produk atau jasa layanan sebuah bisnis. Tentu saja tidak mudah untuk bisa memuaskan setiap pelanggan, karena subjektivitas penilaian dari setiap orang berbeda-beda.

Namun apabila pelanggan puas, tentu akan berdampak positif dan akan terjadi sesuatu yang lebih baik dalam sebuah bisnis di masa mendatang. Pelanggan akan menjadi loyal, kelangsungan bisnis terjamin, pendapatan meningkat dan bisnis yang dijalankan jadi lebih unggul di tengah persaingan para kompetitor. 

Maka dari itu sangatlah penting bagi para pelaku bisnis mempelajari apa saja yang menjadi faktor kepuasan pelanggan.

8 Faktor Kepuasan Pelanggan Yang Wajib Diperhatikan

8 faktor kepuasan pelanggan
8 faktor kepuasan pelanggan. Sumber : Istockphoto.com

Banyak faktor kepuasan pelanggan yang wajib dipahami oleh para pelaku bisnis atau para pengusaha di berbagai bidang usaha yang dijalankan. Dengan terpenuhinya factor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen atau pelanggan ini, niscaya usaha atau bisnis yang berjalan akan mendapat tempat di hati para konsumen atau pelanggan.

Berikut ini faktor-faktor kepuasan pelanggan yang menjadi tolok ukur kemajuan sebuah bisnis; 

1. Kualitas Produk

Kualitas sebuah produk adalah suatu hal yang sangat penting dalam mempengaruhi tingkat kepuasan dari para pelanggan yang membelinya. Setiap pelanggan tentu mengharapkan produk yang mereka beli itu memiliki kualitas baik dan tinggi. 

Produk dengan kualitas baik mampu memberikan nilai yang tinggi pada pengukuran kepuasan pelanggan. Jika sebuah produk memiliki kualitas yang baik dan bagus, maka produk tersebut dapat menutup besaran nominal harga yang harus dikeluarkan konsumen sehingga mampu menumbuhkan kepuasan konsumen atau pelanggan karena kualitas yang sepadan dengan harga. Hal inilah yang menjadi alasan kuat mengapa kualitas produk merupakan salah satu faktor kepuasan pelanggan yang wajib diperhatikan.

2. Kualitas Pelayanan

Pelayanan yang baik sangat penting untuk berjalannya suatu bisnis
Ilustrasi bintang 5 untuk pelayanan. Sumber : IStockphoto.com

Faktor selanjutnya yang mampu mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah kualitas pelayanan yang diberikan oleh para pengusaha dan seluruh karyawan yang ada dalam sebuah bisnis atau usaha. 

Hal ini sangat penting terutama bagi pengusaha yang bergerak di bidang jasa. Sebab sebuah persepsi pelanggan terhadap suatu  bisnis sedikit banyak akan sangat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan itu sendiri. 

Dengan demikian, pastikan ketika berbisnis selalu memberikan kualitas pelayanan terbaik bagi pelanggan, baik dari awal waktu maupun setelah transaksi jual-beli diselesaikan.

Anda bisa tiru kualitas pelayanan yang baik dari klinik gigi Pekanbaru yang berhasil memberikan pelayanan terbaik pada pelanggannya.

3. Faktor Kepuasan Pelanggan, Emosinal 

Ketika para pengusaha mampu memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan, maka akan terciptalah sebuah faktor ikatan emosional. Kepuasan secara emosional ini juga penting karena akan membentuk loyalitas pelanggan terhadap produk suatu bisnis. 

Faktor ini juga bisa mempengaruhi nilai sosial yang pada akhirnya membuat pelanggan senang dengan apa yang ditawarkan.

4. Faktor Kepuasan Pelanggan, Harga Produk

Harga terjangkau selalu menarik minat
Harga terjangkau selalu menarik minat konsumen. Sumber : Istockphoto.com

Para pelanggan sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk, pelanggan akan melakukan perbandingan harga produk yang sama dari beberapa merek yang ada. Artinya, penetapan harga produk ini juga sangat berpengaruh pada kepuasaan pelanggan. 

Jadi, bagi para pelaku bisnis wajib melakukan riset pasar sebelum menetapkan harga untuk sebuah produk barang/jasa yang akan dijual. Jika memungkinkan, berikanlah harga yang relatif terjangkau dengan kualitas yang baik sehingga pelanggan tidak akan merasa dikecewakan.

5. Kemudahan Akses

Pelanggan akan merasa terpuaskan apabila sebuah produk yang mereka inginkan dapat dengan mudah untuk didapatkan. Maka, kemudahan akses dalam membeli produk ini harus menjadi fokus para pebisnis. 

Karena biasanya, para pelanggan akan menghindari pembelian produk yang prosesnya dirasa susah atau sulit untuk didapatkan.

6. Pengalaman Pribadi

Pengalaman belanja para pelanggan juga sangat berpengaruh terhadap kepuasannya terhadap suatu produk. Pengalaman ini berbanding lurus dengan kemudahan akses selama proses pembelian. Artinya, proses belanja yang cepat, mudah dan fleksibel sangat diminati oleh konsumen atau pelanggan. 

Fasilitas bebas biaya tambahan, pilihan metode pembayaran yang beragam dan gratis ongkos kirim pun mampu menjadi faktor kepuasan pelanggan yang tidak boleh terlewatkan.

7. Pengalaman Orang Lain

Pengalaman orang lain atau testimoni, akan mempengaruhi minat dan persepsi konsumen baru. Faktor inilah yang nantinya akan menentukan pengalaman baru dalam berbelanja yang konsumen dapatkan. Hal ini dikarenakan konsumen akan langsung membandingkan testimoni orang lain dengan pengalaman yang didapatkannya sendiri. 

Apabila konsumen juga menerima pengalaman baik sama seperti yang orang lain dapatkan, maka akan membuat konsumen merasa puas dan akan selalu memilih sebuah  produk di antara produk pesaing-pesaing lainnya.

8. Iklan Bisnis

Faktor kepuasan pelanggan bergantung pada iklan yang Anda gencarkan
Ilustrasi skema periklanan. Sumber : Istockphoto.com

Satu lagi faktor penting yang mempengaruhi kepuasan pelanggan saat akan membeli produk yang  ditawarkan, yaitu iklan bisnis/strategi pemasaran/promosi produk. Tanpa disadari strategi dalam membuat iklan dan promosi akan sangat berpengaruh pada ekspektasi para pelanggan. 

Ketika sebuah iklan atau promosi berlebihan dalam mempresentasikan keunggulan produk dan layanan, namun tanpa disertai dengan keadaan faktual yang demikian, maka pelanggan justru akan merasa kecewa karena apa yang didapatkannya tidak sesuai dengan apa yang mereka lihat dan percayai dari penawaran seperti di dalam iklan.

itulah delapan faktor kepuasan pelanggan yang dapat mempengaruhi minat beli pelanggan terhadap suatu produk atau jasa bisnis usaha. Memperhatikan kebutuhan pelanggan dan penuhi dengan cara yang baik dan tepat akan membuat pelanggan merasa puas dan tidak akan berpaling ke kompetitor yang lain.

Simak dan ikuti terus artikel-artikel tentang bisnis lainnya hanya di Adverta ID. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment