Buat Produk Mu Lebih Dikenal Melalui Tips Branding Dengan Kemasan

//

Anda punya produk yang diproduksi sendiri namun belum punya brand. Ketika anda sudah buat brand atas produk anda tetapi bingung cara memperkenalkan brand produk anda ke konsumen. Hal ini banyak dialami oleh pelaku bisnis yang baru membuat produk. Sehingga tidak heran banyak pelaku bisnis yang tidak memiliki brand atas produknya dan kemasan produk pun tidak tertera label produk.

Padahal ini sangat penting bagi pelaku bisnis itu sendiri, karena dikhawatirkan apabila ada pelaku bisnis lain yang membuat produk yang serupa kemudian membuat brand atas produk itu. Tentu pelaku bisnis sebelumnya yang menciptakan produk serupa tersebut akan kalah bersaing dengan pelaku bisnis yang telah membuat brand atas produknya. Kondisi seperti ini sudah banyak terjadi di Indonesia.

Karena secara tidak langsung lewat branding sebuah produk dalam bentuk kemasan akan membuat produk tersebut banyak yang mengetahuinya dan berakibat pada peningkatan permintaan konsumen terhadap produk tersebut. Efek positifnya, income yang didapatkan perusahaan juga akan meningkat.

Kemasan Coffee Bros, Sumber: Pinterest/@damanickc

Branding produk itu bisa dilakukan dengan berbagai langkah, salah satunya branding dengan kemasan. Berikut kami berikan beberapa tips untuk anda untuk branding produk dengan kemasan:

Mengenal Branding

Tahukah anda, apa sih branding itu? Kalau diartikan dari bahasa Inggris memang tidak memiliki makna khusus. Namun, kata branding sering dipakai oleh beberapa orang di Indonesia sebagai sebuah kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk membangun dan membesarkan sebuah brand atau merek.

Tips Branding Dengan Kemasan

Beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk branding dengan kemasan, meliputi:

1. Kenali Jenis Produk Anda

Langkah pertama yang anda lakukan adalah mengenali jenis produk anda. Apakah produk anda dalam bentuk makanan, minuman, pakaian, furniture, peralatan dapur, atau lain sebagainya.

2. Membuat Desain Brand

Kalau anda telah mengetahui produk anda maka langkah selanjutnya membuat brand. Apabila anda kebingungan dalam menentukan brand produk yang cocok untuk produk anda, bisa konsultasi dengan jasa pembuatan desain logo brand. Biasanya mereka akan menawarkan beberapa contoh desain logo brand yang dapat anda pilih sesuai keinginan anda.

3. Menentukan Bahan Kemasan

Setelah anda mengetahui jenis produk anda, selanjutnya anda menentukan bahan kemasan yang cocok untuk produk anda. Berbagai bahan yang bisa anda gunakan untuk kemasan produk seperti kertas, plastik, kaleng, karton, dan lain-lain.

Kemasan Kaos Dari Karton, Sumber: Pinterest/@dayroze

4. Menentukan Informasi Dalam Kemasan

Sebelum anda melakukan cetak kemasan, alangkah baiknya anda menentukan informasi yang akan dicantumkan dalam kemasan produk anda seperti nama produk, brand produk, nama perusahaan, harga produk. Apabila produk dalam bentuk makanan dan minuman cantumkan komposisi, kandungan gizi, netto, dan bila perlu pesan motivasi atau quotes.

Tetapi apabila produk dalam bentuk pakaian cantumkan jenis kain, ukuran, warna, dan informasi tambahan lainnya. Namun, apabila produk seperti furniture dan peralatan dapur, informasi yang dicantumkan menyesuaikan produk.

5. Membuat Kemasan yang Menarik

Ketika anda ingin membuat kemasan untuk produk anda. Baiknya membuat desain kemasan yang menarik, unik, aman dipegang, dan aman dibawa. Apabila kemasan yang anda buar menarik dan unik tentu akan membuat konsumen yang melihatnya menjadi lebih senang, sehingga puas terhadap kemasan produk anda.  

6. Melakukan Promosi Produk

Saat ini, promosi produk sangatlah penting, apalagi di tengah pandemi saat ini. Promosi produk melalui pembuatan aplikasi, website, marketplace, atau media sosial lebih cepat dibandingkan dengan media cetak. Selain itu, promosi yang dilakukan secara online dapat menjangkau konsumen lebih banyak dibandingkan secara offline.

Selain itu, bagi anda yang memiliki outlet atau store untuk memasarkan produk secara offline. Baiknya memberikan papan nama kayu depan outlet atau store dan jangan lupa untuk mendaftarkan lokasi ke google maps untuk memudahkan konsumen mencari tahu lokasi outlet atau store anda.

Manfaat Branding Dengan Kemasan

Beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika melakukan branding dengan kemasan, meliputi:

Brand Kemasan dari Moolen’s, Sumber: Pinterest/@jecelynee

1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Kebanyakan dari konsumen melihat sebuah produk pertama kali dari kemasan, dari sinilah tingkat kepercayaan konsumen terhadap sebuah produk mulai melekat. Apalagi dalam kemasan tertera informasi harga, komposisi, netto, kandungan gizi, perusahaan yang memproduksi, dan lain-lain.

2. Produk Anda Secara Tidak Langsung Akan Dipromosi

Perkembangan teknologi saat ini mendorong tiap pengguna media sosial untuk mengunggah berbagai ceritanya ke media sosial dan sering kali mereka mengunggah informasi yang berkaitan dengan produk yang mereka gunakan. Apalagi produk tersebut memiliki kemasan yang unik dan menarik. Sehingga anda selaku pelaku bisnis harus membuat kemasan yang unik, menarik, dan memiliki pesan atau quotes singkat dalam kemasan.

3. Menekan Biaya Promosi Produk

Ketika anda memiliki produk kemasan yang unik, menarik, dan indah untuk dilihat maka disitulah konsumen akan mempromosikan produk anda, baik melalui media sosial atau word of mouth atau promosi dari mulut ke mulut. Hal ini tentu akan menekan biaya promosi produk anda menjadi lebih murah.

Itulah beberapa informasi yang dapat Kami berikan untuk anda. Semoga informasi diatas dapat memberikan pengetahuan untuk anda.

Leave a Comment