Teknologi semakin lama semakin maju tak terkirakan. Apabila mata kita sedikit saja berpaling dari informasi maka bisa dipastikan sudah banyak sekali kita tertinggal oleh kemajuan teknologi. Salah satu teknologi yang terus dan terus berkembang ialah media reklame sticktron. Apa yang dimaksud dengan media reklame sticktron? Simak selengkapnya hanya di artikel ini.
Mengenal Reklame
Menurut bahasa, reklame berasal dari bahasa latin yang berarti berseru berulang-ulang. Jadi bisa disimpulkan bahwa reklame ialah sebuah perbuatan yang memiliki tujuan guna menarik perhatian khalayak ramai atas suatu jenis barang atau jasa dengan cara khas, membangkitkan minat serta kemauan seseorang untuk memiliki atau memakai suatu jasa tertentu.
Reklame sering pula dimaknai sebagai upaya seseorang atau kelompok tertentu guna memperkenalkan suatu jasa atau barang, program, ide dengan membuat sebuah propaganda atau pengumuman agar suatu tujuan yang telah ditentukan dapat tercapai dengan optimal sesuai harapan.
Sehingga seorang penjual bakso yang berjualan dengan cara memukul mangkok berulang-ulang dengan harapan pelanggan/ masyarakat mengetahui dan membeli sudah dapat dikatakan sebagai reklame.
Beragam Media Reklame
Setelah diamati dan dicermati secara mendalam, ada banyak media yang dapat digunakan guna melakukan kegiatan reklame. Telah kami rangkum beberapa media yang mendukung untuk proses reklame berlangsung. Media tersebut antara lain.
1. Media Audio
Media audio merupakan suatu media yang menitikberatkan pada suara, bunyi, atau suatu tanda sebagai media untuk menyampaikan informasi yang dapat dinikmati melalui indera pendengaran. Reklame menggunakan media audio misalnya saja radio, pengeras suara, bunyi tanda (seperti bunyi piring penjual bakso, penjual eskrim, dan sebagainya).
2. Media Visual
Media visual merupakan suatu media yang lebih memakai gambar serta tulisan sebagai media guna informasi dapat tersampaikan dan dinikmati melalui indera pengelihatan. Mengenai contoh reklame memakai media visual yaitu stiker, poster, baliho, spanduk dan masih banyak lagi.
3. Media Audio Visual
Media audio visual merupakan suatu media yang menggunakan gambar juga suara sebagai media guna sampaikan informasi yang didapat dari indera penglihatan dan juga indera pendengaran. Adapun reklame yang menggunakan media audio visual ini misalnya televisi, iklan video di internet atau bioskop.
Tujuan Reklame
Adapun bila melihat dari segi tujuannya, maka reklame bisa dibedakan menjadi dua bagian, yaitu reklame komersial dan non komersial.
1. Reklame Komersial
Pertama yaitu reklame komersial, merupakan reklame yang dibuat dengan tujuan guna dapat mempromosikan barang atau jasa kepada khalayak ramai. Reklame jenis satu ini jelas mempunyai tujuan ekonomis yaitu untuk mendapatkan keuntungan.
Biasanya reklame komersial ini dilakukan oleh para perusahaan niaga, produsen alat atau barang kebutuhan manusia.
2. Reklame Nonkomersial
Jenis kedua yaitu reklame nonkomersial. Merupakan reklame yang dibuat guna memberikan berbagai pemberitahuan, penerangan, penjelasan, himbauan maupun ajakan kepada masyarakat secara umum supaya pesan yang disampaikan dapat dilakukan dengan baik dan benar.
Adapun reklame nonkomersial biasanya dilakukan oleh instansi atau lembaga pemerintah. Misalnya himbauan dari kepolisian lalu lintas untuk tertib berlalu lintas, atau membayar pajak, donor darah dan sebagainya.
Media Reklame Sticktron, Evolusi Videotron
Sticktron merupakan salah satu media reklame bidang audio visual yang berteknologi tinggi. Apakah Anda tahu videotron? Yaitu suatu media yang menayangkan video teknologi tinggi yang biasa ada di gedung dan alun-alun kota. Nah sticktron bisa dibilang masa depan videotron, karena sticktron ialah videotron versi raksasa yang dapat berjalan.
Sticktron ini hadir guna menjawab para pengiklan yang saat itu membutuhkan konten video luar ruangan dan dapat menjangkau setiap konsumen. Ini merupakan evolusi yang cemerlang dan gemilang, karena video ini sudah raksasa, dapat berjalan pula. Menjadikan orang-orang semakin tertarik untuk melihat dan menatapnya lamat-lamat.
Tidak berlebihan bila dikatakan bahwa reklame sticktron ialah implementasi wujud dari kata iklan efektif. Karena ia mampu menjangkau apa yang tidak dapat dijangkau banyak media reklame saat ini. Meskipun akhirnya tetap ada harga yang harus dibayar, karena semakin banyak manfaat suatu barang maka akan semakin mahal barang tersebut.
Rute Sticktron Ibukota
Sticktron sendiri diluncurkan oleh startup teknologi periklanan yang punya spesialis mentranformasikan sarana transportasi menjadi suatu platform iklan ruang terukur, StickEarn. Bulan Oktober 2019 menjadi saksi bisu Sticktron lahir dan mulai beroperasi. Tercatat lebih dari 600 ribu impresi yang dihasilkan Sticktron dalam seharinya.
Hal ini cukup masuk akal melihat rute Sticktron di Jakarta yang ramai masyarakat dan sangat strategis. Setidaknya ada tiga rute yang disediakan untuk Anda yang ingin menggunakan jasa reklame ini. Namun perlu diketahui Sticktron baru melayani operasi daerah ibukota dan sekitarnya.
Adapun rute pertama yaitu dimulai dari Monas menuju Sudirman, lalu beranjak ke Blok M, dan berakhir di Senayan. Rute kedua titik awal berada di Basura City menuju Kota Kasablanka, lalu menuju Karet dan berakhir di Slipi. Dan rute ketiga dimulai dari gandaria lalu menuju Pondok Indah, beranjak ke Lebak Bulus, lalu ke Cilandak dan berakhir di Kemang.
Setidaknya 10 unit Sticktron ditargetkan bisa beroperasi di awal 2020. Konten video Sticktron dapat dilihat melalui 3 sisi, sehingga dapat menambah tingkat impresi yang dihasilkan. Data impresi yang dihasilkan Sticktron lebih akurat. Pengiklan sampai bisa menargetkan audiens yang spesifik seperti latar belakang etnis sampai populasi.
Akhir kata, Stricktron ialah masa depan videotron. Anda bisa menggunakan jasa layanan sewa truk box untuk mengangkut beragam onderdil videotron. Artikel kami lainnya seperti videotron dan reklame bengkel juga dapat menemani waktu senggang Anda. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.