Reklame adalah sebuah media yang didalamnya biasanya mengandung promosi baik itu promosi barang maupun jasa. Reklame ini sering dipakai agar produk yang ditawarkan dikenal oleh lebih banyak calon pelanggan. Namun apakah anda tahu bahwa membuat reklame ternyata dapat menggunakan mural juga, lho. Lalu apakah itu mural dan bagaimana hubungannya dengan reklame? Berikut ini kami berikan ulasannya untuk anda.
Apa itu Mural?
Sebagian banyak orang mungkin belum mengenal tentang mural. Mural adalah sebuah karya seni berbentuk gambar yang diaplikasikan ke dinding. Namun selain dinding, gambar ini biasanya juga diaplikasikan ke media lebar lainnya seperti langit-langit, lantai, dan lain sebagainya. Mural digambar menggunakan cat sehingga nantinya akan bersifat permanen.
Yang paling menarik perhatian mengenai mural adalah bahwa mural telah dikenal sejak zaman pra sejarah, tepatnya pada 31.500 tahun yang lalu. Pada saat itu manusia pra sejarah menggambar di tembok-tembok gua untuk berkomunikasi ataupun hanya untuk meninggalkan catatan. Negara yang memiliki peninggalan mural prasejarah terbanyak berada di Prancis. Adapun mural yang sangat terkenal yaitu mural karya Pablo Picasso.
Perbedaan Mural dengan Grafiti
Selain ural, coretan di dinding dikenal juga sebagai dengan grafiti. Kebanyakan orang menganggap kedua hal tersebut merupakan sama. Namun ternyata kedua hal ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apabila mural berbentuk gambar di dinding, grafiti biasanya berbentuk tulisan atau rangkaian huruf tertentu seperti huruf timbul stainless. Namun keduanya memiliki kesamaan yaitu sama-sama di gambar maupun ditulis di media lebar seperti dinding.
Grafiti menggunakan berbagai komposisi seperti warna, garis, hingga volume. Tulisan grafiti biasanya menggunakan cat semprot. Untuk menuliskannya di dinding pun harus menggunakan cat yang sesuai dengan jenis bahan bangunan. Namun sebelum menuliskannya menggunakan cat semprot, dinding akan dilukis terlebih dahulu menggunakan cat kuas ataupun menggunakan kapur. Nantinya tulisan ini akan mengandung maksud tertentu tergantung pada maksud dari pembuat graffiti tersebut.
Penggunaan Mural Sebagai Media Reklame
Mempromosikan suatu produk ataupun jasa dapat melalui berbagai cara. Contohnya adalah jasa kontraktor Jogja yang dapat anda temui di berbagai media sosial. Mempromosikan produk melalui media sosial ini seakan sudah menjadi tren di masa kini. Namun ternyata masih ada metode lain yang dapat dipakai untuk memasarkan produk selain dari media sosial, yaitu melalui gambar mural di dinding.
Penggunaan mural ini sangatlah efektif untuk mendongkrak pembelian produk anda tentunya dengan cara yang benar. Anda dapat memanfaatkan dinding yang berada di jalanan ataupun tempat yang ramai dilewati orang. Disana anda dapat menggambar dengan kreatifitas yang anda miliki. Kami sarankan untuk menggambar dengan tema yang tenang sehingga bisa mendapatkan perhatian bagi setiap orang yang lewat di sana.
1. Menarik Perhatian Orang Terhadap Desain Mural Anda
Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menarik perhatian orang-orang dengan gambar yang anda buat. Apabila perhatian mereka telah terhenti pada gambar anda, maka mereka akan mau untuk membaca pesan dari tulisan pada gambar tersebut. jadi usahakan anda memiliki gambar yang bagus serta sesuai dengan keadaan di tempat itu. Gambar yang memiliki keindahan bahkan keunikan akan melekat di ingatan setiap orang. Sehingga mereka akan senantiasa mengingat brand anda.
Baca Juga: Perbedaan Branding dan Marketing
2. Memperhatikan Biaya Untuk Membuat Mural
Selain memperhatikan desain mural, anda juga perlu memperhatikan biaya yang nantinya akan anda keluarkan untuk membuat mural tersebut. marketing menggunakan mural merupakan metode marketing yang tidak terlalu mahal. Anda dapat melakukannya dengan harga yang cukup terjangkau. Anda juga tidak perlu membuat mural yang berlebihan, cukup sesuaikan mural yang anda buat dengan brand yang anda miliki.
3. Membuat Desain Mural Sesuai Kebutuhan Konsumen
Walaupun dengan desain yang sederhana, anda juga harus menyesuaikan desain anda dengan kebutuhan konsumen. Hal ini nantinya akan berhubungan dengan kesinambungan bahkan mempengaruhi laku tidaknya produk anda. Contohnya pada saat musim panas dan produk anda merupakan produk minuman. Pastikan anda mendesain mural tersebut sesuai dengan kondisi saat itu. Apabila sudah demikian maka orang yang melihat mural anda akan tertarik. Nah dengan ketertarikan itu mereka dapat merekomendasikan produk anda kepada orang lain.
4. Membuat Desain Mural yang Menarik
Dengan membuat desain mural yang menarik ternyata juga dapat merubah mindset seseorang juga, lho. Contohnya apabila anda merupakan pengusaha sebuah kafe. Di kafe tersebut telah anda berikan desain mural yang menarik di setiap dindingnya. Dengan demikian orang akan tertarik untuk datang ke kafe anda tersebut.
Dengan datangnya orang ke kafe anda, maka mereka akan betah berlama-lama bahkan menambah pesanan mereka. Hal ini tentunya akan sangat membantu pemasukan bukan? Dengan desain mural yang menarik juga akan membantu apabila menu di kafe tersebut tidak terlalu enak. Orang akan tetap membayar walaupun dengan harga yang mungkin terbilang mahal karena desain mural yang telah memberikan ketertarikan bagi mereka.
Brand yang anda junjung akan sangat terbantu dengan membuat mural di dinding. Apalagi kalau brand anda merupakan produk yang membutuhkan sisi keindahan di dalamnya. Dengan mural ini sangatlah mudah dalam mengenalkannya pada masyarakat. Dengan demikian pula brand anda akan terkenal dengan kredibilitas yang tinggi. Dimana para konsumen akan menaruh kepercayaan kepada bran yang anda miliki.
5. Mengaplikasikan Mural Pada Segala Jenis Bisnis
Mural bukan hanya dikenal untuk produk yang menengah kebawah saja, namun juga dapat dimanfaatkan untuk produk menengah ke atas. Apabila anda memiliki bengkel modifikasi mobil, anda dapat mendesain bengkel terutama bagian depan bengkel yang digunakan sebagai pintu masuk konsumen tersebut dengan mural yang cocok. Mural yang menawan dapat memikat pelanggan dan akan memperkuat personal branding.
Nah itulah uraian singkat mengenai mural untuk media reklame. Setiap gambar mural yang akan dibuat tentunya memiliki nilai yang berbeda-beda. Maka anda haruslah memiliki nilai sendiri dalam membuat mural tersebut. semoga dengan adanya uraian di atas dapat membantu anda untuk memasarkan produk anda dengan lebih luas.