Berbagai macam cara orang dalam melakukan sesuatu untuk membuat usaha yang ia jalankan agar semakin dikenal dan disukai oleh banyak orang. Salah satu macam cara yang dilakukan untuk mengenalkan produk yaitu dengan melakukan iklan advertorial.
Proses iklan sendiri merupakan bentuk mempromosikan produk barang dan jasa agar apa yang dipromosikan bisa dikenal oleh orang banyak. Berbagai macam jenis cara pengiklanan salah satunya dengan menggunakan papan iklan masa kini yang mana jenis pengiklanan seperti ini sangat populer sudah banyak dan mudah untuk ditemukan ditempat tempat umum.
Namun dalam pembahasan kali ini, Adverta ID akan membahas tentang jenis iklan advertorial. Bagi anda yang belum mengetahui periklanan advertorial tidak usah cemas karena dibahas panjang lebar tentang fakta dan pengetahuan seputar iklan advertorial. Yuk simak dibawah ini.
Mengenal Iklan Advertorial
Periklanan Advertorial yaitu suatu cara menyampaikan sebuah informasi dengan menambahkan berupa promosi yang didesain pada gaya penulisan dan format tata letak menjadi lebih lebih halus.
Bentuk iklan advertorial yaitu memberikan informasi yang objektif dan sesuai standar jurnalistik namun ditengah dalam menyampaikan informasi tersebut terdapat gambar yang bersifat promosi.
Fungsi Iklan Advertorial
Secara umum fungsi iklan adalah membuat orang lain atau para calon pelanggan agar tertarik dengan apa yang kita tawarkan. Dengan kata lain pesan yang disampaikan harus mampu menciptakan atau memenuhi apa yang dibutuhkan bagi masyarakat.
Dalam hal ini, pesan yang disampaikan harus mampu memberikan kesan yang meyakinkan kepada calon investor akan produk atau barang dan jasa sebagai bentuk kebutuhan dalam masyarakat sehingga mau untuk menanamkan modal pada usaha yang anda jalankan.
Itulah fungsi dari jenis sebuah iklan tidak hanya bisa membuat packaging produk kelihatan menarik saja tapi bisa memberikan informasi yang memuaskan akal para calon pelanggan.
Teknik Membuat Iklan Advertorial
Berikut ini teknik dalam pembuatan iklan advertorial., diantaranya:
1. Menentukan Ide Penulisan
Melakukan pencarian ide atau gagasan, menguji ide, memilih topik, pengumpulan data, dan membuat kerangka karangan biasanya dilakukan pada tahap ini. Menemukan ide yang jelas dalam pembuatan iklan adalah hal penting yang harus dilakukan.
Mengapa menemukan ide jelas adalah hal penting yang harus dilakukan karena untuk kelangsungan masa depan dari apa yang kita usahakan.
2. Pelaksanaan Penulisan
Pembuatan penulisan ini dilakukan dengan menerapkan menggunakan pola enam unsur berita, yaitu 5W+1H dan dalam penulisan sebuah iklan advertorial harus tetap ringan dan tidak memberatkan para calon pelanggan tetapi tetap menjaga topik dari ide serta alasan pembuatan iklan agar maksud dari iklan yang dipromosikan bisa mudah dipahami.
3. Peninjauan Ulang
Pada tahap ini yaitu melakukan pengecekan kembali serta melakukan perbaikan ketika ada informasi yang kurang valid baik secara fakta maupun fungsi. Pada tahap ini juga dilakukannya proses editing yang berguna untuk membuat sebuah periklanan advertorial yang dibuat memberikan kesan menarik di mata calon pelanggan.
Sehingga bisa memunculkan rasa penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut pada barang atau jasa yang ditawarkan.
4. Menetapkan Judul
Menetapkan judul yang unik pada periklanan advertorial yang dibuat akan akan memberikan kesan menarik perhatian pada calon pelanggan. Pembuatan judul ini juga tidak sembarangan meskipun pada pembuatan judul bisa membuat seseorang atau calon pelanggan menduga-duga yang berdasarkan perasaan tau selera tetapi tetap bisa memberikan gambaran yang masih dalam konteks objektif.
Kelebihan dan Kekurangan Iklan Advertorial
Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari iklan advertorial, diantaranya:
Kelebihan Iklan Advertorial
Informasi terkait dengan kualitas dan keunggulan produk atau layanan bisa langsung sampai ke calon pelanggan secara langsung. Pembuatan iklan advertorial ini juga terkesan tidak frontal namun bisa memberikan rasa penasaran, sehingga membuat para calon pelanggan untuk ingin mengetahui informasi lebih lanjut tanpa menyadari secara langsung bahwa para calon pelanggan masuk dalam iklan advertorial.
Lebih menarik dari iklan tradisional, iklan advertorial juga memiliki tampilan yang menarik dari segi tampilan visual dan informasi karena bisa memberikan informasi yang sesuai dengan yang ingin dibaca oleh calon pelanggan maka jenis iklan ini lebih cocok untuk iklan perumahan.
Kekurangan Iklan Advertorial
Ketika orang paham dengan jenis iklan advertorial yang mana didalamnya hanya sebuah bentuk mempromosikan sebuah produk barang atau jasa, kebanyakan orang tidak mau terlibat lebih jauh lagi atau rasa ketertarikannya berkurang dengan informasi yang diberikan sehingga tidak mau lagi informasi yang ditawarkan.
Urutan Penulisan Iklan Advertorial
1. Pembukaan
Pada bagian ini penulis sebisa mungkin memberikan sebuah kalimat yang bisa membuat rasa ingin tahu dari pembaca meningkat. Penulis mencoba memberikan potongan-potongan.
Informasi dari isi pokok dari sebuah iklan sehingga membuat para pembaca menebak-nebak dan ingin mengetahui lebih lagi tentang informasi yang diberikan. Dengan begitu maksud dari salah satu part pembuatan iklan sudah tercapai.
2. Tubuh Karangan
Dalam tahap ini yaitu membahas tentang isi atau penjelasan lebih lanjut mengenai sebuah ide pokok dari pembuatan iklan tersebut. Membutuhkan banyak informasi-informasi pendukung yang dikelola sehingga bisa menjelaskan maksud dari sebuah iklan yang dibuat dengan masukan berupa pola tematik.
Spiral dan blok Sebagai bentuk atau cara untuk mendapatkan sebuah informasi supaya maksud iklan bisa tersampaikan kepada para pembaca atau calon pelanggan.
3. Penutup
Pada tahap ini penulis memberikan dampak yang terjadi ketika mendapatkan dari produk atau barang dan jasa yang ditawarkan kepada calon pelanggan. Juga pada tahap ini memberikan informasi tentang bagaimana cara untuk melakukan transaksi dengan produk yang ditawarkan.
Itulah pengetahuan seputar iklan advertorial semoga bisa bermanfaat bagi kita semua untuk perkembangan usaha karena saat ini perkembangan teknologi yang terus maju dari berbagai lini.Baik itu dari pengetahuan dan perancangan seperti para jurusan teknik mesin yang terus membuat inovasi pada dunia teknologi sudah sangat sewajarnya diimbangi dibidang penjualan atau marketing sehingga bisa memberikan nilai kontribusi yang lebih.