Souvenir merupakan sebuah bentuk hadiah yang khusus diberikan untuk kenang-kenangan. Souvenir ini juga berguna untuk dijadikan tips promosi gratis sebagai tanda pengingat tempat, sebuah event, orang dan produk atau jasa layanan suatu usaha yang dijalankan.
Awalnya souvenir hanya sebuah benda yang relatif kecil dan harganya tidak mahal yang terbuat dari kerajinan tangan untuk dijadikan cinderamata namun dengan seiring berkembangnya zaman, souvenir juga sudah merambah ke dunia industri yang banyak digunakan dan dimanfaatkan pada sebuah event, kegiatan promosi perusahaan atau dijadikan branding bisnis sebuah produk.
Berikut dibawah ini, kami berikan penjelasan tentang kegunaan souvenir terhadap branding bisnis serta pengaruh yang diberikan terhadap sebuah bisnis yang dijalankan.
Manfaat Souvenir Untuk Branding
Manfaat souvenir untuk branding yaitu sebagai berikut:
1. Saran Memperkenalkan Produk
Melalui souvenir orang bisa lebih mudah untuk memperkenalkan sebuah produk atau layanan jasa yang ditawarkan karena orang lebih mudah mengingat hasil pemberian. Melalui pemberian souvenir ini bisa bisa diterapkan pada jenis pemasaran digital dan tradisional sebagai bentuk untuk memajukan usaha bisnis yang dijalankan sehingga bisa lebih cepat lagi dalam mengembangkan usaha.
2. Memikat Calon Pelanggan
Ketika menerima souvenir pelanggan akan senang dan dengan begitu lambat laun akan tertarik memakai produk dan jasa pelayanan yang ditawarkan. Karena dengan memberikan souvenir sebagai bentuk hadiah secara tidak langsung mengomunikasikan banyak hal kepada klien, termasuk rasa terima kasih, penegasan hubungan yang kuat dan lainnya.
Adapun cara yang bisa dilakukan di antaranya sebagai berikut. Carilah hadiah yang mahal/kesannya mahal. Kalau bisa eksklusif dan orang lain tidak mempunyainya. Kemudian diberi syarat, untuk pembelian dalam jumlah tertentu, pembeli boleh membeli hadiah dengan harga murah. Dengan begitu anda bisa meningkatkan penjualan produk anda kepada pelanggan baru anda.
3. Membangun Citra
Untuk membangun citra suatu usaha yang kita jalankan memberikan souvenir berkualitas menjadi pilihan yang harus dilakukan kepada para pelanggan maupun calon pelanggan. hal ini agar memberikan kesan yang baik serta membangun rasa kepercayaan dari calon pelanggan untuk yang ingin meningkatkan suatu usaha.
4. Memberi Souvenir Pada Karyawan
Dengan memberikan sebuah cenderamata kepada karyawan itu bisa meningkatkan rasa percaya diri untuk berkembang dan mempunyai rasa kebanggaan terhadap kemampuannya.
Jenis Souvenir Untuk Branding
Saat ini menggunakan produk souvenir untuk dijadikan sebagai media promosi pastinya hal yang lumrah bagi kita dan sering kita temui. Menggunakan barang tentu dapat menjadi pilihan kalian dalam berbagai merek dan kegiatan tapi tahukah anda barang barang apa saja yang digunakan untuk dijadikan bahan media promosi? Yuk simak dibawah ini.
1. T-shirt
Kaos sering dijadikan media untuk branding karena melalui desain kaos mampu memberikan pesan yang sesuai dengan yang diinginkan dengan penggunaannya yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari maka orang akan mudah untuk mengingatnya.
Kaos dengan desain sablon yang menarik pastinya akan memberikan nilai tambah serta memberikan kesan yang elegan sehingga memberikan rasa penasaran untuk calon pelanggan bagi yang ingin memperkenalkan suatu produk atau layanan jasa terhadap suatu usaha yang dijalankan.
2. Pulpen
Dengan menambahkan logo perusahaan pada pulpen sudah bisa dijadikan alat untuk media promosi. Saat ini pulpen masih banyak digunakan sebagai alat untuk menulis meskipun dengan berkembangnya teknologi. Maka menggunakan pulpen sebagai media untuk promosi masih sangat relevan.
3. Tas Tote
Tas tote ini sering digunakan juga bagi perusahaan sebagai media promosi selain memiliki fungsi untuk menyimpan barang. tas tote ini sangat efektif untuk dijadikan sebagai media promosi. Tas tote ini juga memiliki banyak varian mulai dari bahan non woven, flooring dan kanvas.
4. Gantungan Kunci
Benda ini masih banyak digunakan dan masih menjadi pilihan untuk dijadikan promosi. Karena bentuknya yang simpel, harganya lebih murah, awet dan tahan lama. Bentuk gantungan kunci ini beragam sehingga mudah bagi anda untuk melakukan branding melalui benda ini. Berbagai Bentuk benda gantungan kunci mulai dari bertemakan keluarga, tulisan tulisan, hewan, atau icon media social seperti whatsapp bisnis, ig, dan youtube.
Maka dari itu Benda Ini sangat rekomen sekali agar bisa menjadi pilihan untuk melakukan branding. Gantungan kunci ini biasanya terbuat dari bahan kayu dan akrilik.
5. Mug atau Gelas
Gelas bagus untuk dijadikan sebuah souvenir sebagai bentuk untuk mempromosikan logo atau merek dari bisnis yang dijalankan. Penggunaan gelas untuk ngopi, nyantai bareng teman-teman maka akan memberikan kesan merek branding untuk mudah diingat.
Menggunakan Gelas yang unik dan menarik sebagai alat untuk media branding produk atau jasa layanan bisnis anda pastinya akan membuat orang untuk sulit melupakan logo atau merek yang anda gunakan dalam gelas tersebut.
6. Handuk Bordir/Sablon
Hampir semua orang menggunakan handuk mulai dari jenis handuk tangan, handuk dapur, handuk mandi dan masih banyak lagi. Menggunakan handuk sebagai media branding pastinya menjadi pilihan yang tidak boleh dilewatkan dengan menggunakan handuk untuk media promosi pastinya akan sangat efektif Karena penggunaannya di segala lini dalam kehidupan sehari-hari.
Karena Penggunaan handuk ini yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. maka sebagian dari beberapa perusahaan untuk menjadikan souvenir perusahaan eksklusif sebagai bentuk untuk mempromosikan perusahaan mereka agar lebih dikenal lagi.
Nah, itulah penggunaan benda yang dijadikan souvenir untuk branding sebagai media promosi yang efektif untuk memajukan bisnis anda dan dengan begitu bagi kalian pemilik brand bisa lebih lancar lagi usaha yang dijalankannya.