Pada era digital marketing seperti sekarang ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk menawarkan suatu produk. Strategi pemasaran saat ini yang bisa dibilang efektif yaitu content marketing dengan model copywriting. Perlu Anda ketahui, keberhasilan dari strategi tersebut tentunya menggunakan cara yaitu dengan menerapkan formula AIDA.
Dari banyaknya strategi atau cara yang digunakan untuk memasarkan produk, copywriting bisa menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan omzet penjualan dan digunakan untuk ajang pengenalan suatu produk tentunya. Maka dari itu, sebagai pelaku bisnis yang lahir pada era digital diharuskan mampu dan paham untuk mengikuti perkembangan digital yang ada.
Formula AIDA dalam Seni Copywriting
Menerapkan formula AIDA dalam copywriting termasuk hal yang tepat untuk menarik perhatian pembaca. AIDA merupakan perhatian yang dilakukan berdasar ketertarikan dan keinginan sehingga pembaca melakukan action. Namun, Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut ini sebelum menggunakan teknik AIDA.
1. Harus Tahu Target Audiens
Sebelumnya Anda harus mengetahui terlebih dahulu sasaran atau target audiens yang akan menjadi calon pembeli produk. Hal tersebut supaya anda paham mengenai bagaimana cara menyusun pesan atau tulisan agar sampai kepada audiens nantinya dan apakah efektif atau tidak pesan tersebut.
Setelah itu Anda bisa melakukan riset pasar atau survei yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi dari calon pembeli. Dengan begitu, Anda akan mengetahui informasi penting calon konsumen dan juga sangat membantu untuk mengembangkan bagaimana strategi marketing selanjutnya yang efektif untuk dilaksanakan.
2. Membuat Headline yang Menarik
Tips menerapkan formula AIDA yang kedua yaitu dengan membuat headline yang menarik. Headline sendiri merupakan baris pertama yang menjadi kunci untuk menarik perhatian seorang pembaca. Dengan begitu pembaca akan membaca lebih lanjut mengenai informasi dari suatu produk yang dipasarkan.
Cara membuat headline yang menarik yaitu dengan menuliskan headline yang jelas dan mudah untuk dipahami. Sehingga calon pembeli akan mudah menangkap pesan yang disampaikan melalui tulisan. Selain itu, headline yang dibuat juga harus relevan dengan produk yang ditawarkan dan juga informatif.
3. Menyajikan Manfaat yang Jelas
Tips selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan menyajikan manfaat yang jelas pada suatu produk yang ditawarkan. Perlu anda ketahui, produk maupun layanan yang baik yaitu ketika produk atau layanan tersebut menampilkan manfaat yang jelas dan terukur kepada calon pembeli.
Dengan itu konsumen akan bisa memahami nilai dari produk maupun layanan yang ditawarkan. Seperti contoh produk kecantikan yang menyajikan manfaat langsung apabila menggunakannya kulit akan menjadi lebih cerah. Teknik tersebut menjadi kunci untuk menarik perhatian supaya menggunakan produk maupun layanan.
4. Penggunaan Kalimat yang Memperkuat Keinginan Calon Konsumen
Penerapan formula AIDA selanjutnya yaitu dengan menggunakan kalimat yang memperkuat keinginan calon pembeli yang mana bisa menarik perhatian mereka. Dengan itu konsumen akan melakukan pembelian. Misalnya yaitu menjual produk herbal yang manfaatnya yaitu menambah nafsu makan yang mana manfaat tersebut dicari oleh pembeli.
Dengan hal itu, anda perlu menyusun kalimat yang memperkuat untuk menarik perhatian calon konsumen agar melakukan pembelian. Anda bisa menggunakan kalimat positif sekaligus membangun dan jangan menggunakan kalimat yang berbau negatif.
5. Menggunakan Call to Action yang Jelas
Tips selanjutnya yang bisa anda terapkan yaitu dengan menggunakan call to action yang jelas dan mudah dipahami oleh calon konsumen. Dimana call to action yang jelas yaitu dengan cara harus memberi tahu kepada mereka dan juga mengapa mereka harus melakukannya.
Berikut ini salah satu kalimat yang mengandung call to action yaitu “Beli produk kami sekarang dan nikmati diskon sebesar 50% dengan menggunakan kode promo pada toko kami”. Kalimat tersebut merupakan contoh call to action yang akan menarik calon pembeli agar bertindak membeli produk yang sedang ditawarkan.
6. Ceritakan Kisah Sukses
Penerapan formula AIDA selanjutnya yang bisa Anda terapkan yaitu dengan menceritakan kisah sukses produk atau layanan yang ditawarkan kepada calon konsumen. Perlu Anda ketahui sebelumnya, di era sekarang ini pemasaran digital menjadi salah satu hal yang sangat gencar dilakukan oleh banyak perusahaan maupun perorangan.
Karenanya Anda perlu pintar-pintar melihat situasi pasar bagaimana dan apakah produk Anda akan diterima oleh calon konsumen. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat testimonial, cerita dari pelanggan, atau bisa menggunakan studi kasus untuk menggambarkan hasil positif yang telah dicapai oleh pemakai produk maupun layanan Anda.
7. Melakukan Uji dan Evaluasi serta Buat Urgensi
Tips terakhir yang bisa anda lakukan yaitu dengan melakukan uji dan evaluasi serta membuat urgensi produk maupun layanan. Sebelumnya anda melakukan uji terlebih dahulu mengenai produk atau layanan anda dari berbagai versi copy. Hal tersebut dilakukan untuk melihat bagaimana respon dari pembaca.
Selanjutnya anda harus memantau dan analisis kinerja copy tersebut secara berkala dan jangan lupa melakukan perbaikan secara berkelanjutan. Setelah itu anda juga harus menambahkan unsur urgensi produk maupun layanan berupa penawaran mengenai produk dalam jumlah terbatas dan juga waktu yang terbatas untuk mendorong minat pembaca.
Formula AIDA atau AIDA marketing di atas merupakan salah satu tips dalam copywriting yang bisa Anda lakukan untuk menarik perhatian dan minat pembaca. Dengan hal itu audiens akan terdorong dan melakukan tindakan berupa pembelian kepada produk atau layanan Anda pastinya. Anda juga bisa melihat artikel menarik lainnya dengan membaca artikel pada website www.adverta.id.