10 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Perlu Diketahui Oleh Pelaku UMKM

//

Apa saja sih strategi pemasaran produk kerajinan? Tentunya hal tersebut mutlak untuk dipahami oleh setiap pelaku dan pegiat kerajinan. 

Saat ini pemasaran mutlak harus terstruktur, sistematis dan memiliki strategi yang jeli membaca peluang. Sebab pemasaran suatu produk menjadi salah satu indikator dari sukses dan berkembangnya sebuah usaha.

Oleh karena itu strategi pemasaran adalah rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran suatu produk atau layanan. Ini melibatkan langkah-langkah seperti penetapan target pasar, diferensiasi produk, penetapan harga, promosi, dan distribusi untuk memaksimalkan keberhasilan penjualan dan membangun citra merek.

Strategi Pemasaran Produk Kerajinan

Strategi pemasaran produk kerajinan melibatkan pendekatan khusus yang mempertimbangkan sifat unik dan kreatif dari barang yang dihasilkan. Sebab, sebuah kerajinan merupakan produk seni yang sangat mengedepankan artistik di dalamnya.

Sehingga pemasaran atas produk tersebut harus kreatif dan unik guna menarik minat konsumen. Adapun strategi pemasaran produk kerajinan mencakup beberapa aspek, diantaranya : 

1. Branding Khusus

10 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Perlu Diketahui Oleh Pelaku UMKM
Temukan branding khusus untuk produk kerajinan Anda. Sumber: istockphoto.com

Branding khusus dalam produk kerajinan melibatkan pembentukan identitas merek yang unik dan mencerminkan nilai-nilai serta karakteristik produk kerajinan. Menciptakan identitas merek yang kuat untuk produk kerajinan, menekankan kualitas kerajinan dan kreativitas. 

Setidaknya branding khusus akan produk kerajinan mencakup aspek estetika merek, filosofi pemilihan merek, diferensiasi dengan produk lain yang serupa dan menggunakan komunikasi yang khas dan mudah dicerna. 

Ketika beberapa aspek tersebut diperhatikan tentunya produk Anda mampu untuk bersaing di pasaran dengan produk lainnya. Salah satu branding kerajinan yang bisa dibilang cukup berhasil adalah brand pengrajin kuningan Boyolali yang sudah dikenal luas.

2. Pasar Sasaran

Mengidentifikasi pasar sasaran produk kerajinan melibatkan pemahaman mendalam tentang karakteristik produk dan penentuan segmen pasar yang paling mungkin tertarik.

Begitu pula halnya dengan aspek pendekatan yang tepat, seperti pecinta kerajinan tangan, penggemar seni, atau segmen pasar lainnya. Proses ini mesti dilakukan dengan teliti dan cermat supaya produk yang dipasarkan tidak salah sasaran. 

3. Pemasaran Digital

Pemasaran digital produk kerajinan melibatkan penggunaan platform online dan strategi digital untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk. Tentunya dengan memanfaatkan media sosial, situs web, dan platform e-commerce untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk kerajinan. Beberapa hal tersebut dinamakan juga dengan social media branding

10 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Perlu Diketahui Oleh Pelaku UMKM
Pemasaran digital produk kerajinan. Sumber: Istockphoto.com

Bisa juga dengan menggandeng influencer guna memasarkan produk kerajinan Anda. Tentunya cara tersebut sedikit banyak mampu mempengaruhi hasil penjualan. Masih banyak lagi teknis pemasaran digital yang bisa dipelajari dan dicoba pada saat ini. 

4. Partnership dengan Toko Lokal

Bekerjasama dengan toko lokal dapat menjadi langkah strategis untuk memperluas distribusi dan meningkatkan visibilitas produk kerajinan. 

Bisa juga dengan menggandeng toko-toko lokal atau galeri seni untuk memajang dan menjual produk kerajinan. Selanjutnya, bangun kepercayaan dengan toko lokal tersebut begitu juga untuk selalu dimonitoring secara berkala. 

5. Pelatihan dan Workshop

Mengadakan workshop dan pelatihan dapat menjadi strategi promosi yang efektif untuk produk kerajinan. Tentunya dengan menawarkan kelas atau lokakarya untuk mengajarkan keterampilan kerajinan kepada pelanggan potensial, sambil mempromosikan produk Anda.

Pelatihan dan workshop mampu memberikan pengalaman menarik antara produsen dan pelanggan. Memberikan kesempatan lebih untuk berinteraksi secara langsung, hingga akhirnya timbul trust atau kepercayaan terhadap produk tersebut dari kedua belah pihak. 

6. Cerita Produk

Menceritakan cerita produk (product storytelling) dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk meningkatkan nilai dan daya tarik produk kerajinan. Begitu juga menceritakan kisah di balik setiap produk kerajinan bisa menarik minat pelanggan dan membangun hubungan yang lebih dalam.

Dengan menceritakan cerita produk secara autentik, Anda dapat membangun koneksi emosional dengan pelanggan dan membedakan merek Anda dalam benak mereka.

7. Kemasan Menarik

10 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Perlu Diketahui Oleh Pelaku UMKM
Kemas produk secara menarik, terlebih pada pembelian secara online. Sumber: Istockphoto.com

Kemasan yang menarik dapat menjadi elemen kunci dalam memikat perhatian pelanggan dan membedakan produk kerajinan Anda. Tentunya desain kemasan yang unik dan menarik dapat menambah daya tarik produk kerajinan di rak toko.

Perlu untuk diingat bahwa kemasan bukan hanya sebagai pelindung fisik produk, tetapi juga sebagai alat pemasaran yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan.

8. Program Penghargaan atau Diskon

Menerapkan program penghargaan atau diskon dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan merangsang penjualan produk kerajinan. Mendorong pembelian dengan program loyalitas atau penawaran khusus bagi pelanggan setia. 

Namun, penting juga untuk menyesuaikan strategi penghargaan atau diskon dengan karakteristik dan kebutuhan target pasar Anda agar efektif dalam mendorong interaksi dan pembelian pelanggan.

9. Keterlibatan Komunitas

Melibatkan komunitas dapat menjadi strategi yang sangat efektif dalam pemasaran produk kerajinan. Aktif di komunitas online atau offline yang berkaitan dengan kerajinan tangan untuk membangun jaringan dan mendapatkan dukungan pelanggan.

Melibatkan komunitas bukan hanya tentang memasarkan produk, tetapi juga membangun hubungan dan mendukung pertumbuhan kolektif antara merek Anda dan anggota komunitas yang setia.

10. Ulasan Pelanggan

Faktor kepuasan pelanggan merupakan aspek penting dalam pemasaran produk kerajinan, karena dapat membangun kepercayaan dan meningkatkan reputasi produk.

Meminta dan mempromosikan ulasan pelanggan bertujuan untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan reputasi produk.

Itulah beberapa strategi pemasaran produk kerajinan, beberapa hal mutlak untuk dilakukan untuk mampu bersaing dengan produk lainnya. Hingga akhirnya mampu untuk mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. 

Jogja Produk Branding

Jogja terkenal akan seni dan kerajinannya, wilayah kebudayaan yang patut untuk didayagunakan dan dilestarikan. Tentunya dengan strategi pemasaran produk kerajinan yang jitu, hingga akhirnya mampu untuk menggaet dan menarik perhatian konsumen.

Begitu pentingnya strategi pemasaran pada saat ini, oleh karena itu kami adverta.id memiliki keinginan untuk membantu pemasaran UMKM kerajinan yang berada di Jogja. 

Hingga akhirnya UMKM tersebut mampu bersaing di pasar bebas, dengan begitu maka geliat bisnis di daerah tersebut mampu hidup dengan persaingan yang sehat. Itulah keinginan kami adverta.id terhadap UMKM supaya mampu tetap eksis dan bersaing di pasar bebas. 

Leave a Comment